Tips Irit Membangun Kantor Dengan Kontainer

Apa yang ada di benak Anda jika mendengar istilah kontainer? Iya, tepat sekali. Kontainer sering disebut dengan peti kemas yang biasanya kita jumpai di pelabuhan atau tempat pemberhentian angkutan transportasi besar. Kontainer identik untuk mengangkut barang dalam jumlah besar dan jarak yang jauh. Namun pernahkah Anda menyangka bahwa kontainer bisa dibangun untuk kantor? Ini adalah salah satu tips irit membangun kantor dengan kontainer. 

Di masa mendatang, jumlah kontainer diperkirakan akan overload. Untuk mengurangi dampak lingkungan, kita bisa mulai mengurangi jumlahnya dengan dibuat aneka bangunan ramah lingkungan. Kalau masih bingung, berikut ulasan mengenai tips irit membangun kantor dengan kontainer.

  1. Membuat Perencanaan Bangunan Kantor Bahan Kontainer

Sebelum membuat bangunan apapun, pasti akan memerlukan yang namanya perencanaan. Tentu sebuah bangunan tidak akan terwujud jika tidak ada perencanaannya. Perencanaan berguna untuk menghitung estimasi waktu, biaya, analisis dampak lingkungan, dan sebagainya. Jika ingin memiliki kantor berbahan kontainer, lakukan perencanaan yang matang terkait hal itu. Lakukan survei dan perbanyak referensi tentang tips irit membangun kantor dengan kontainer. 

Tahap pertama adalah Anda sudah memiliki tanah/wilayah yang akan dibangun. Tentu saja tanah harus bersertifikat resmi, bukan sengketa. Sehingga tidak akan menimbulkan konflik di kemudian hari. Kemudian, ukur tanah dengan tepat sehingga saat akan memilih kontainer bisa disesuaikan ukurannya. Jika salah ukuran, tentu akan sangat merepotkan bahkan rugi. Kalau sudah begitu, tinggal melangkah ke tahapan perencanaan kedua.

2. Mensurvey atau Sekalian Membeli Kontainer Bekas

Setelah tahapan perencanaan selesai, kita dapat mensurvey kontainer yang akan digunakan. Nanti tahap survey ini akan mengantarkan Anda, deal membeli atau tidak. Gunanya survey adalah untuk mengetahui  kualitas kontainer yang tersedia. Kalau tidak mau ribet, bisa membuka aplikasi marketplace secara online. Di sana terdapat banyak jenis container. Pilihlah toko digital yang sudah terpercaya pastinya.

Tips irit membangun kantor dengan kontainer yakni lebih baik datang langsung ke toko yang menjual. Kita bisa nego dengan sang pemilik. Selain itu juga bisa tanya jawab bagaimana kondisi pemakaian kontainer, bahkan bisa melihatnya secara langsung. Namun kalau merasa tak cukup puas dengan barang yang tersedia di dalam negeri, coba buka website Alibaba. Banyak sekali kontainer bekas dari negeri tirai bambu, Tiongkok. 

Secara, di China sana perdagangan antarnegara sangatlah besar sehingga kontainer sangatlah banyak. Namun proses pengirimannya bisa 3-4 bulan. Namun jangan asal deal, Anda bisa membandingkan satu toko dengan yang lain.

3. Menemukan Arsitek yang Tepat

Tips irit membangun kantor dengan kontainer selanjutnya adalah menemukan arsitek yang tepat. Bagaimana caranya? Cari berbagai referensi atau kenalan yang paham bagaimana mendesain rumah atau kantor berbahan kontainer bekas. Biasanya arsitek yang memahami adalah arsitek yang memiliki jiwa seni dan out of the box.

Jangan lupa pula untuk negosiasi harga. Jika sejak awal tidak ada kesepakatan harga, bisa saja budget Anda akan membengkak untuk membeli ide sang arsitek. Apalagi jika tidak ada ikatan emosi/kekerabatan, tentu harganya mahal.

4. Membangun Pondasi Kantor Bahan Kontainer

Saat kontainer sedang dalam pengiriman, alangkah baik untuk menghemat waktu segera dibangun pondasinya. Pondasi berguna untuk menempatkan kontainer. Berikut ini ada beberapa jenis pondasi kontainer yang perlu Anda ketahui:

  1. Beton Piers, yakni pondasi dangkal yang harganya murah dan bentuknya sederhana.
  2. Pondasi Slab on Grab, yakni pondasi yang pas untuk tanah lunak namun harganya lebih mahal.
  3. Pondasi Pile, yakni pondasi untuk tanah yang sangat lemah dan harganya mahal.

5. Sewa Crane

Agar bisa terpasang dengan baik, tentu membutuhkan crane. Crane bisa untuk mengangkat kontainer agar pas. Sewa crane juga cukup mahal. Untuk menekan harga sewa, pertimbangkan estimasi biaya.

6. Percantik Kantor Kontainer dengan Interior yang Unik

Terakhir, tips irit membangun kantor dengan kontainer adalah mempercantik interior dengan barang yang unik pula. Unik nggak harus selalu mahal. Gunakan barang yang daur ulang atau ramah lingkungan. Selain banyak manfaat, juga mengurangi sampah di lingkungan sekitar.