Memahami ciri-ciri tempat usaha yang strategis dengan tepat akan memberikan keuntungan yang signifikan bagi keberlanjutan bisnis Anda. Menentukan lokasi bisnis atau tempat usaha membutuhkan waktu dan pertimbangan. Jika salah memilih area berdagang, jangan heran jika bisnis Anda tidak menghasilkan keuntungan.
Terdapat beberapa ciri-ciri tempat strategis untuk usaha makanan, jasa, dan sektor lainnya yang dapat dijadikan pedoman. Bila tempt semakin strategis, maka lokasi tersebut memberikan peluang yang besar untuk didatangi oleh konsumen.
Berikut adalah ciri-ciri tempat usaha yang strategis yang dapat Anda pertimbangkan ketika berencana untuk membangun sebuah usaha.
Daftar isi
1. Target Konsumen yang Tepat
Target konsumen atau pasar merupakan langkah yang harus ditentukan oleh pengusaha. Dengan memahami hal ini, Anda dapat memulai bisnis yang menarik bagi pasar.
Setiap target pasar akan memiliki karakteristik dan latar belakang yang berbeda. Misalnya seperti jenis kelamin, kelompok umur dan pekerjaan atau gaji adalah beberapa faktor yang dapat di analisis. Bila target bisnis yang dituju sudah tepat, maka akan mempermudah pemilihan lokasi yang strategis.
Kontainer Modifikasi Terbaik untuk Tempat Usaha yang Harganya Terjangkau
2. Lokasi Mudah Dijangkau
Ciri-ciri tempat usaha yang strategis berikutnya yaitu harus mudah dijangkau, alias memiliki akses yang mendukung bagi para konsumen. Misalnya, lokasi usaha Anda dilengkapi dengan fasilitas transportasi umum, jalanan yang cukup lebar, serta beberapa rute yang dapat ditempuh.
3. Dekat dengan Kompetitor
Cukup aneh jika mendengar ciri-ciri tempat usaha yang strategis adalah dekat dengan kompetitor bukan? Nyatanya justru memilih area bisnis yang dekat dengan kompetitor menawarkan keuntungan dari segi marketing. Pengunjung kompetitor menjadi tahu bahwa bisnis Anda berdekatan dengan toko tersebut dan dapat menjadi peluang target market yang ba
Selain itu, Anda dapat meraup keuntungan bila konsumen tidak menemukan apa yang diinginkannya di tempat kompetitor. Maka, konsumen akan mengunjungi tempat usaha Anda untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.
4. Tempat Bisnis yang Nyaman
Ciri-ciri tempat usaha yang strategis yang juga mencakup toko yang nyaman bagi konsumen. Luas ruangan yang ideal digunakan untuk memberikan kenyaman bagi pengunjung dan serta biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Aspek ini terbilang cukup relatif
5. Area Bisnis dengan Acara Tertentu
Area bisnis yang tepat menjadi faktor dari kelangsungan sebuah bisnis bertumbuh baik atau tidak. Tempat usaha yang dilengkapi dengan event tertentu akan memberikan peluang penjualan yang potensial.
Dengan menyelenggarakan acara tertentu, Anda dapat menarik perhatian pelanggan potensial dan membuat mereka merasa setidaknya sedikit penasaran, membujuk mereka untuk datang dan mencoba. Pada akhirnya mengubah mereka menjadi pelanggan potensial. Misalnya konsultasi gratis di toko skincare, live music akustik di coffee shop, dan sebagainya.
6. Lokasi Usaha Dekat dengan Bisnis Penunjang
Ciri-ciri tempat usaha yang strategis selanjutnya yaitu berada di area bisnis penunjang lainnya. Bisnis yang saling mendukung dan berkesinambungan satu sama lain dapat memberikan peluang yang baik. Konsumen akan merasa dimudahkan dengan area usaha ini.
Misalnya, area perkantoran dilengkapi dengan usaha kedai kopi, restoran, bakery, atau usaha fashion dan aksesoris, bisnis bengkel dengan area jual beli kendaraan bekas, dll.
7. Toko Mudah Terlihat
Toko atau tempat usaha yang mudah terlihat adalah ciri-ciri tempat usaha yang strategis dan dapat memberikan keuntungan untuk cepat dikenal oleh pelanggan. Hal ini tentu memberikan dampak pada penghematan biaya marketing, karena konsumen dapat melihat bisnis Anda dengan mudah.
8. Keadaan Lingkungan yang Aman
Lingkungan tempat usaha yang aman akan membuat konsumen merasa nyaman ketika mengunjungi toko Anda. Selain itu, tempat usaha Anda juga akan terlindungi dari pencurian atau penipuan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Nah, itu dia informasi seputar ciri-ciri tempat usaha yang strategis yang dapat menambah wawasan Anda sebelum memulai bisnis. Penuhi kebutuhan ruang usaha yang cepat, praktis, dan efisien menggunakan kontainer jualan. Booth container atau kontainer jualan merupakan penggunaan unit peti kemas yang dimodifikasi khusus menjadi tempat jualan dan dilengkapi dengan pintu serta bukaan jendela.
Tersedia berbagai ukuran office container atau kontainer jualan dari mini, ukuran kecil 20 kaki, dan ukuran besar 40 kaki. Keuntungan menggunakan kontainer jualan yaitu dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya dengan mudah. Dapatkan informasi lengkap seputar kontainer untuk tempat jualan dari perusahaan peti kemas terpercaya yaitu Tradecorp Indonesia. Cek ragam logistik seperti fumigasi adalah, fcl adalah, jenis jenis container, dll.
Baca Juga: Simak Harga Cafe Container dan 5 Faktor Penentunya
Kontainer Modifikasi Terbaik untuk Tempat Usaha yang Harganya Terjangkau
FAQ
Mengapa Kita Harus Memilih Lokasi Usaha yang Strategis?
Memilih lokasi usaha yang strategis memberikan Anda peluang yang besar untuk mendapatkan keuntungan. Namun, bila lokasi bisnis Anda kurang baik, maka target penjualan akan sulit dicapai. Tempat usaha strategis untuk makanan harus dipertimbangkan dengan baik karena akan mempengaruhi keberhasilan bisnis.
Apa Saja Jenis Jenis Lokasi Usaha?
Terdapat beberapa jenis jenis lokasi usaha yang disesuaikan dengan keperluan kegiatan usaha Anda. Empat area ini menjadi kawasan yang umum diklasifikasikan, yaitu kantor pusat, pabrik, gudang, atau lokasi untuk kantor cabang.
Bagaimana Jika Salah Memilih Lokasi Usaha?
Memilih lokasi usaha yang salah akan memberikan dampak negatif. Beberapa hal tersebut meliputi sulit mencapai target penjualan produk, pendapatan usaha yang tidak bertumbuh, marketing yang cukup menantang karena toko sulit dijangkau konsumen, tidak mendapatkan kepercayaan konsumen, hingga bisnis mengalami kebangkrutan karena pengeluaran dan pendapatan yang tidak seimbang.