Struktur Baja adalah Struktur Bangunan Berbasis Baja

Struktur Baja adalah Struktur Bangunan Berbasis Baja

Struktur baja adalah struktur bangunan yang terdiri dari komponen-komponen bermaterial baja yang dipakai untuk balok, kolom, dan rangka. Struktur baja dalam konstruksi bangunan menawarkan keuntungan, yaitu waktu pembangunan yang cepat, fleksibel, mendorong terciptanya bangunan yang kokoh, usia guna bangunan jangka panjang, efisien, dan tahan api.

Dengan keuntungan-keuntungan tersebut, struktur baja dipakai untuk pembangunan gedung tinggi, jembatan, pabrik, infrastruktur, menara, bandara, hingga pipe rack. Konstruksi yang menggunakan struktur baja memiliki ketahanan hingga bertahun-tahun, bahkan 100 tahun.

Spesifikasi Komponen dalam Struktur Baja

Spesifikasi Komponen dalam Struktur Baja

Komponen-komponen dalam struktur baja menggunakan baja dengan bentuk yang berbeda, menyesuaikan kebutuhan di lapangan, yaitu H-Beam, I-Beam, Z Steel, Angle, C Steel, Square Tube, Round Tube, Channel, dan Rail Steel.

Beragam bentuk baja tersebut digunakan untuk membuat komponen-komponen, seperti section steel, angle steel, round steel, channel steel, steel plate, dan steel pipe.

1. Angle

Angle steel adalah komponen dalam struktur baja berbentuk huruf L yang menampilkan sudut siku-siku. Angle steel memiliki fungsi untuk menahan pergeseran dan tegangan pada beban titik.

2. Balok dan Kolom

Dalam struktur baja, balok adalah komponen horizontal yang membentang dan memikul beban semisal dinding bata ataupun batu. Sementara kolom adalah komponen dalam struktur bangunan, termasuk struktur baja, yang menyalurkan beban dari komponen pelat (atap atau lantai atas) ke fondasi dan tanah di bawahnya.

3. Channel

Channel adalah komponen berbasis baja berukuran panjang yang dimanfaatkan untuk memasang penyangga dan pengikat dinding pada struktur bangunan.

4. Plate

Steel plate atau plate adalah komponen dalam konstruksi bangunan atau struktur baja yang berbentuk pelat dengan fungsi serbaguna sebagai penyangga struktural.

5. Steel Pipe

Pipa baja adalah tabung silinder yang terbuat dari baja yang digunakan dalam berbagai cara di bidang manufaktur dan infrastruktur.

Detail Bentuk Struktur Baja

Konstruksi Rangka Baja LGS untuk Gudang Baja

Struktur baja dapat diimplementasikan menjadi beberapa bentuk, seperti single span, double span, multi-span, dan cantilever steel frame.

1. Single Span

Struktur baja single span adalah struktur baja yang memiliki dua titik tumpu. Umumnya single span dipakai untuk bangunan pabrik.

2. Double Span

Struktur double span adalah struktur baja yang memiliki tiga titik tumpu. Bangunan dengan struktur double span ditujukan untuk menciptakan bangunan pabrik berukuran besar.

3. Multi-Span

Struktur multi-span adalah struktur baja yang memiliki lebih dari satu bentang di sepanjang lebar bangunan. Bangunan gudang biasanya mengadopsi struktur multi-span, apalagi jika bangunan tersebut didesain untuk menyediakan banyak ruang.

Kelebihan Struktur Baja

Bangunan Struktur Baja

Struktur baja dapat diaplikasikan ke banyak jenis bangunan, seperti gedung pencakar langit, bangunan pra-rekayasa, hingga jembatan. Ada banyak kelebihan struktur baja apabila dipakai untuk konstruksi bangunan.

1. Peningkatan Keamanan Konstruksi

Untuk bertahan dari korosi, material baja dalam konstruksi telah diberi lapisan yang membuatnya tahan terhadap kerusakan yang disebabkan api ataupun air. Kebanyakan baja yang digunakan dalam struktur bangunan telah melalui galvanisasi. Ditambah lagi struktur baja mampu bertahan dari terjangan badai dan guncangan gempa bumi.

2. Bobot yang Ringan

Sekalipun punya bobot yang ringan dengan hadirnya light gauge steel, struktur baja dapa menahan beban yang tinggi.

3. Ketahanan Jangka Panjang

Struktur baja bisa bertahan selama beberapa dekade selama material yang dipakai sesuai standar dan pembangunannya pun juga mengikuti standar yang berlaku. Ditambah lagi, material baja tahan dari serangan jamur ataupun rayap.

4. Efisien dari Segi Biaya

Soal hitung-hitungan biaya, struktur baja menawarkan efisiensi biaya jika digunakan untuk jangka panjang.

5. Fleksibel

Material baja bisa dibentuk dalam berbagai model dan ukuran, menyesuaikan dengan rancangan atau desain bangunan.

6. Ramah Lingkungan

Material baja dalam struktur bangunan bisa didaur ulang. Karena itu, bangunan dengan struktur baja tergolong sebagai bangunan ramah lingkungan.

Bangunan Modular yang Berbasis Struktur Baja Jadi Solusi Hadirkan Bangunan secara Cepat

Bangunan modular adalah bangunan semipermanen dengan struktur baja yang didirikan dengan sistem knock down atau bongkar pasang. Dibandingkan bangunan konvensional yang berbasis beton, bangunan modular dapat didirikan secara cepat dan efisien dari segi biaya.

Konsep bangunan modular bisa diaplikasikan untuk beragam model bangunan, contohnya saja gudang. Untuk mendapatkan gambaran jelas mengenai bangunan modular, cek model-model bangunannya berikut ini.

ModBox atau Modular Box

ModPack atau Modular Flatpack

Modular Multi Purpose atau ModMulti

Modular Snap atau ModSnap