13 Jenis Jenis Gudang Berdasarkan Penyimpanan & Fungsinya

Jenis Jenis Gudang

Tempat penyimpanan atau gudang sering Anda temukan di lokasi industri. Ada banyak jenis jenis gudang yang digunakan oleh berbagai pihak. Bisnis yang menerapkan kegiatan produksi, distribusi, dan penyimpanan barang berkapasitas besar biasanya memanfaatkan gudang untuk menyimpan stok.

Gudang adalah tempat penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan barang, bahan, atau produk dalam jumlah besar untuk sementara waktu. Di sektor bisnis, penggunaan gudang merupakan tempat di mana perusahaan menyimpan stok sebelum barang dijual atau digunakan. Gudang membantu perusahaan dalam menjaga ketersediaan barang, mengelola persediaan, dan memastikan pengiriman produk yang tepat waktu kepada pelanggan.

Konstruksi gudang dapat berupa bangunan khusus ataupun umum, tergantung kebutuhan barang yang ingin disimpan. Pembangunan dapat menggunakan sistem konvensional atau prefabrikasi. Kebutuhan gudang modular dengan sistem knock down yang praktis dapat mempercayakannya pada Tradecorp Indonesia.

Macam macam gudang dapat diklasifikasikan berdasarkan barang yang disimpan serta jenis gudang secara umum. Simak informasi dibawah ini untuk memahami tipe tempat penyimpanan yang ideal digunakan. 

5 Jenis Jenis Gudang Secara Umum

1. Gudang Perseorangan

Jenis jenis gudang secara umum yang pertama sering Anda temukan, terutama di lokasi industri. Tempat penyimpanan ini dimiliki oleh perusahaan swasta atau pribadi untuk menjalankan kegiatan pendistribusian barang. 

2. Tempat Penyimpanan untuk Kepentingan Publik

Gudang ini digunakan untuk menyimpan barang milik pihak ketiga, seperti pemerintah, badan amal, atau entitas non-profit untuk tujuan publik atau kemanusiaan.

3. Gudang dengan Pengaturan Suhu

Climate-controlled warehouse adalah jenis jenis gudang dengan pengaturan suhu yang berguna untuk menjaga kualitas barang berkebutuhan khusus. Tempat penyimpan ini dilengkapi dengan mesin pendingin untuk mengatur suhu dan kelembaban udara di dalamnya. Contoh gudang umum dingin atau cold storage untuk menyimpan bahan baku makanan atau hasil laut sebelum didistribusikan ke konsumen.  

4. Pusat Gudang Distribusi

Tempat ini berfungsi sebagai gudang sementara untuk menerima barang dari berbagai distributor dan disimpan dalam kurun waktu singkat, sebelum dikirim ke konsumen. 

5. Gudang Otomatis

Gudang otomatis merupakan tempat penyimpanan yang memanfaatkan teknologi terkini untuk menjalankan sistem dengan modern. Contohnya penggunaan conveyor belt untuk mempermudah pengangkutan barang. 

8 Jenis Jenis Gudang Berdasarkan Penyimpanan

1. Gudang Bahan Baku

Jenis jenis gudang berdasarkan penyimpanan yang pertama yaitu untuk mengamankan bahan baku produksi. Beberapa material yang disimpan meliputi beton, plastik, pasir, bahan makanan, bahan kimia, dll sesuai dengan bisnisnya. 

2. Gudang Bahan Setengah Jadi

Fungsi gudang untuk menyimpan barang yang masih dalam proses produksi. Barang dapat disimpan disini sebelum masuk tahap akhir. Contoh seperti pembuatan kemasan, perakitan elektronik, pemasangan label, dll yang membutuhkan jenis jenis gudang ini.

3. Gudang Hasil Produksi

Tempat penyimpanan ini menampung hasil produksi yang siap dikirim kepada penyalur. Barang yang disimpan sudah jadi sesuai dengan standar dan kualitas yang ditentukan. 

4. Gudang Pusat Konsolidasi dan Transit

Fungsi gudang transit yaitu menyimpan barang dalam waktu sementara sebelum dipindahkan ke tempat lain. Biasanya suatu produk dari berbagai supplier digabungkan menjadi satu dan lanjut dikirim ke tempat lain. 

5. Gudang Transhipment

Jenis jenis gudang selanjutnya yaitu pusat transhipment yang merupakan tempat untuk menerima barang berkapasitas besar. Barang tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam beberapa bagian dan dikirim ke tempat tujuan. 

6. Gudang Cross Docking

Gudang cross docking merupakan contoh pergudangan perusahaan ekspedisi yang umum digunakan. Fungsi gudang ini menjadi area pemindahan barang yang akan dikirim. Contohnya memindahkan barang dari satu truk ke truk lain, jadi barang tidak disimpan untuk waktu yang lama.  

7. Gudang Pusat Sortir

Gudang ini merupakan tempat untuk mengelompokkan barang berdasarkan kode pos, zona, tipe barang, dan standar tertentu sebelum dikirim. Sistem pergudangan ini membantu dalam pengaturan pengiriman yang efisien.

8. Gudang Fulfillment

Warehouse fulfillment adalah contoh pergudangan perusahaan e-commerce. Fungsi gudang untuk menyimpan dan mengelola barang berukuran kecil namun dengan jumlah banyak. Gudang ini diharapkan dapat mempercepat proses pengiriman pesanan ke pelanggan.

Fungsi Gudang

1. Tempat Penyimpanan Barang

Fungsi gudang sebagai tempat penyimpanan barang seperti bahan baku hingga produk jadi. Tempat penyimpanan ini membantu perusahaan atau organisasi untuk menjaga persediaan mereka dalam kondisi yang baik dan siap untuk digunakan atau dijual.

2. Pengelolaan Persediaan

Sistem pergudangan membantu pengelolaan persediaan dengan mengatur, mengontrol, dan memantau barang yang disimpan, sehingga dapat menghindari kekurangan atau kelebihan persediaan.

3. Distribusi dan Pengiriman

Gudang adalah tempat di mana barang dikonsolidasikan, diurai, atau diatur sebelum dikirim ke pelanggan atau tujuan akhir. Pengiriman yang efisien dan tepat waktu akan terwujud dengan pengaturan yang baik.

4. Perlindungan dan Keamanan

Barang yang disimpan didalam gudang maka akan terjaga dari faktor lingkungan seperti cuaca, kelembaban, dan pencurian. 

Dalam bisnis dan manajemen rantai pasokan, gudang berperan penting dalam menjaga kelancaran operasional dan memastikan konsumen menerima produk dengan tepat waktu.

Solusi Gudang Praktis untuk Berbagai Kebutuhan

Apakah Anda mencari solusi gudang yang praktis, efisien, dan dapat disesuaikan untuk kebutuhan bisnis Anda? Tradecorp Indonesia menawarkan penggunaan gudang container sebagai jawaban tepat dalam menghadirkan tempat penyimpanan. 

Dengan gudang container dari Tradecorp Indonesia, Anda mendapatkan gudang yang dapat disewa atau dibeli dengan berbagai ukuran dan konfigurasi. Ini adalah solusi penyimpanan inovatif dan terjangkau yang akan membantu meningkatkan efisiensi operasional bisnis Anda.

Tingkatkan efisiensi dan keamanan penyimpanan bisnis Anda dengan gudang container yang praktis dan dapat disesuaikan dari Tradecorp Indonesia. Konsultasikan kebutuhan gudang dengan Tradecorp Indonesia dan dapatkan penawaran menarik. 

FAQ

Gudang setengah terbuka merupakan tempat penyimpanan barang yang meliputi proses manufaktur. Tarif sewa gudang setengah terbuka biasanya lebih mahal karena butuh waktu dan usaha lebih untuk melabelkan semua produk.

Kegiatan pergudangan meliputi penerimaan, penyimpanan, pengambilan, pengemasan, pengiriman, serta pengelolaan stok barang. 

Multi gudang adalah tempat penyimpanan barang yang terletak di beberapa area. Jenis jenis gudang ini membantu proses pengiriman barang lebih cepat karena lokasi yang tersebar di banyak daerah.