Kegiatan logistik berkaitan erat dengan banyak sektor mulai dari usaha, organisasi, pemerintah, rumah sakit, dan lain sebagainya. Bidang ekonomi tidak pernah terlepas dari unsur logistik. Tak heran jika tugas admin logistik harus dikerjakan oleh seseorang yang memiliki keahlian.
Logistik memiliki unsur kegiatan dari pemrosesan pesanan, transportasi, persediaan, hingga penanganan barang. Admin logistik adalah seseorang yang berperan mengatur administrasi perusahaan.Mereka melakukan pengadaan, penyimpanan, dan pemeliharaan terhadap barang logistik.
Logistik merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa Perancis yaitu Loger. Kata tersebut memiliki makna menyediakan atau menginapkan. Pekerjaan logistik mencakup berbagai tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan manajemen pengelolaan barang dan informasi dalam rantai pasokan.
Kebutuhan pengiriman logistik yang banyak dan bervolume besar membutuhkan peti kemas sebagai alat transportasi. Container sudah lama digunakan dan berperan penting dalam mendukung kegiatan logistik serta bisnis export import. Lengkapi kebutuhan dry container ukuran 10 feet, 20 feet, dan 40 feet dari Tradecorp Indonesia. Dapatkan penawaran menarik seputar harga container bekas Jakarta dan berbagai wilayah di Indonesia.
Tugas Admin Logistik
Tugas seorang admin logistik melibatkan beberapa aktivitas penting yang memastikan kelancaran aliran barang dan informasi dalam rantai pasokan. Staff logistik tugasnya meliput:
1. Membuat Pengadaan dan Pemrosesan Barang
Tugas admin logistik yang pertama yaitu bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan proses pengadaan barang yang diperlukan. Mereka juga harus memastikan bahwa barang tersebut diproses dengan tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan. Pemahaman akan arus rantai pasokan, aset, metode pengiriman sangat dibutuhkan.
2. Mengoperasikan dan Monitoring Software Logistik
Staff logistik tugasnya harus dapat mengoperasikan perangkat lunak logistik untuk mengelola data dan informasi mengenai stok barang, pengiriman, dokumen pendistribusian, collection, dan filling. Mereka juga bertugas untuk memastikan bahwa perangkat lunak ini berjalan dengan lancar.
3. Memperbaharui Lis Stok dan Lokasi Barang
Seorang admin logistik harus secara teratur mengupdate daftar stok barang dan lokasinya. Hal ini penting agar dapat mengetahui ketersediaan barang dan menghindari kekurangan atau kelebihan stok. Pengecekan dapat dilakukan secara berkala dalam waktu tertentu.
4. Membuat Laporan Administrasi
Tugas Admin logistik selanjutnya yaitu membuat laporan administratif yang mencakup informasi tentang pengadaan barang, stok, pengiriman, dan biaya logistik lainnya. Laporan ini digunakan untuk pemantauan dan pengambilan keputusan. Selain itu, profesi ini bertanggung jawab dalam memastikan kapasitas gudang dengan jumlah barang yang dipesan.
5. Menghubungi Vendor dan Berdiskusi dengan Pihak Internal
Staff logistik tugasnya memastikan transaksi berjalan baik dengan para vendor. Admin logistik juga berkomunikasi dengan tim internal, seperti departemen penjualan atau produksi, untuk memahami kebutuhan mereka.
6. Memastikan Data Surat dan Transaksi Gudang Lancar
Memastikan bahwa semua dokumen terkait gudang dan transaksi logistik dieksekusi dengan benar dan lancar. Tugas admin logistik ini meliputi pemeriksaan faktur, surat jalan, dan dokumen lainnya.
4 Kemampuan yang Dibutuhkan Admin Logistik
Jika Anda berencana mendaftar pekerjaan sebagai admin logistik, pahami dulu apa saja skill atau kemampuan yang harus dimiliki.
- Rajin dan teliti.
- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
- Dapat memuat data entry.
- Cakap dalam mengoperasikan komputer, minimal dapat menggunakan Microsoft Office dan Outlook.
Spesifikasi kemampuan staff admin logistik dapat berbeda-beda antar satu perusahan dengan yang lain. Pengalaman kerja dan latar pendidikan juga menjadi hal aspek yang diperitmbangkan dalam memilih pekerja.
FAQ
APA SAJA CONTOH LOGISTIK?
Kegiatan logistik dapat dengan mudah terjadi dalam lingkung kehidupan sehari-hari. Contoh logistik seperti pengiriman paket menggunakan jasa ekspedisi.
SEBUTKAN KEGIATAN LOGISTIK YANG PALING UTAMA?
Kegiatan logistik yang terutama yaitu memastikan stok barang tersedia dan dapat tiba di lokasi tujuan dengan tepat waktu.
BERAPA GAJI ADMIN GUDANG?
Gaji admin gudang cukup bervariasi dan memiliki rentang dari Rp. 2.000.000 hingga Rp. 6.500.000. Masing masing perusahaan mempunyai kisaran gaji yang sudah ditetapkan.