Penggunaan kontainer kargo dalam perdagangan internasional sudah menjadi hal sangat lumrah sejak jaman dahulu. Meskipun bahan dan desain kontainer telah berkembang, namun ada satu hal yang tetap sama yaitu digunakan untuk mengirim barang lewat laut. Tebal dinding kontainer, material yang digunakan, hingga ukuran container sudah diperhitungkan dengan baik dan sesuai standar yang ditentukan.
Daya tahan dan kemampuan untuk mentolerir kondisi cuaca yang berbeda sangat penting saat bepergian ke luar negeri. Hal ini memaknai bahwa hanya bahan tertentu yang dapat digunakan untuk membangun kontainer laut.
Penggunaan baja berkualitas tinggi dan bahan tahan karat lainnya adalah pilihan utama dalam pembuatan kontainer untuk memastikan kekuatannya. Selain itu, kontainer juga harus memiliki perlindungan terhadap kelembaban dan air asin, yang sering menjadi tantangan besar selama perjalanan laut.
Standar internasional yang mengatur pembuatan kontainer memberikan pedoman rinci mengenai ukuran, tebal dinding kontainer, kekuatan, dan fitur keselamatan lainnya. Kontainer harus dapat menahan tekanan tinggi saat ditumpuk dan digerakkan oleh crane di pelabuhan. Keamanan barang di dalam kontainer juga menjadi perhatian utama, sehingga penguncian yang aman dan sistem segel digunakan untuk mencegah pencurian dan kerusakan selama pengiriman.
Jenis Material Apa yang Digunakan untuk Membuat Kontainer?
Cara pembuatan kontainer laut sangat menentukan bagaimana kontainer tersebut akan berfungsi selama pelayaran. Dua bahan yang paling umum digunakan adalah baja corten dan aluminium, yang masing-masing memiliki kualitas, keunggulan, dan aplikasi khusus.
Saat memilih jenis kontainer yang Anda inginkan, sangat penting untuk memahami perbedaan dan komposisi bahan-bahan ini, karena faktor tersebut dapat secara langsung mempengaruhi masa pakai kontainer.
Kontainer Pengiriman Terbaik untuk
Kontainer Pengiriman Baja Corten
Hampir semua kontainer pengiriman dan penyimpanan, terutama yang digunakan untuk mengangkut beban berat, terbuat dari baja corten. Baja ini terkenal dengan kekuatannya dan mendapatkan julukan ‘baja tahan cuaca’. Saat terkena elemen eksternal lainnya, kotnainer baja korten mengembangkan lapisan tipis oksidasi pada permukaannya. Lapisan pelindung ini mencegah pengkaratan lebih lanjut, maka proses tersebut bertindak sebagai penghalang tambahan.
Jenis baja ini dapat digunakan untuk membuat dinding bergelombang, pintu, bingkai dan potongan melintang, di antara komponen lain dari kontainer laut. Kekuatan, daya tahan, dan kemampuan daur ulang material semakin meningkatkan daya tariknya untuk digunakan dalam kontainer maritim.
Kelemahan dari baja yang signifikan adalah transfer panas dan dingin yang cepat, yang dapat menyulitkan untuk mengontrol suhu internal. Hal ini dapat menjadi masalah saat mengangkut barang yang membutuhkan kondisi suhu tertentu, kecuali jika dilakukan modifikasi pada kontainer untuk memastikan pengaturan suhu yang tepat.
Baca Juga: Ukuran Kontainer untuk Kantor dari 20 Feet hingga 40 Feet
Kontainer Pengiriman Terbaik untuk
Komponen Kontainer Kargo
Kontainer kargo memperhatikan beberapa komponen utama yang mendukung kekokohan secara keseluruhan unit. Setiap bagian harus dibuat dan dirancang untuk memberikan kekuatan dan efektivitas terbaik. Berikut beberapa komponennya, meliputi:
-
Tebal Dinding Kontainer
Tebal dinding kontainer biasanya terbuat dari baja corten yang dikenal dengan ketahanannya terhadap cuaca dan korosi. Bahan ini mampu membentuk lapisan pelindung ketika terpapar elemen cuaca, sehingga mencegah kerusakan lebih lanjut akibat karat. Dinding ini seringkali memiliki desain bergelombang untuk menambah kekuatan struktural dan fleksibilitas dalam menahan tekanan dari luar.
Tebal dinding kontainer baja cukup bervariasi, tergantung pada bagian dan efisiensi struktural yang diperlukan. Pintu biasanya memiliki ketebalan 2-2,5 mm, sedangkan dinding dan atap memiliki ketebalan 1,6-2 mm. Guna menopang beban yang cukup besar, rangka lantai dan anggota silang terbuat dari baja yang lebih berat, biasanya 4 hingga 4,5 mm.
-
Rangka Baja
Rangka baja adalah tulang punggung dari kontainer kargo. Rangka ini memastikan stabilitas dan integritas struktural kontainer, terutama saat ditumpuk atau saat mengalami guncangan selama transportasi. Bagian rangka termasuk sudut-sudut yang diperkuat dan palang-palang penyangga yang dirancang untuk menahan beban berat.
-
Lantai
Lantai kontainer biasanya terbuat dari kayu keras yang dilapisi bahan anti-slip dan tahan cuaca. Lantai harus kuat untuk menahan beban barang yang berat dan juga tahan terhadap kelembaban yang dapat menyebabkan pembusukan atau kerusakan.
-
Pintu Kontainer
Pintu kontainer biasanya terletak di salah satu ujung kontainer dan dirancang untuk memberikan akses mudah ke dalam kontainer. Setiap unit dilengkapi sistem penguncian yang kokoh untuk memastikan keamanan barang di dalamnya. Seal kedap air pada pintu memastikan tidak ada air yang masuk ke dalam kontainer selama pengiriman.
-
Sistem Penguncian
Sistem penguncian adalah komponen kritis untuk keamanan kontainer. Mekanisme ini memastikan pintu kontainer tetap tertutup rapat dan aman selama transportasi. Biasanya, sistem penguncian ini terbuat dari baja yang kuat dan dilengkapi dengan fitur anti-bobol untuk mencegah pencurian atau akses tidak sah.
-
Seal Kedap Air
Seal kedap air digunakan di sekitar pintu dan sambungan kontainer untuk mencegah masuknya air. Fitur seal ini sangat penting untuk melindungi barang di dalam kontainer dari kerusakan akibat air, terutama selama perjalanan laut yang penuh tantangan.
-
Aksesori Tambahan
Kontainer modern seringkali dilengkapi dengan berbagai aksesori tambahan seperti sensor suhu, GPS tracker, dan sistem keamanan tambahan. Aksesori ini membantu dalam memonitor kondisi barang selama pengiriman dan memastikan keselamatan serta integritas barang yang dikirim.
Nah, itu dia informasi seputar Tebal Dinding Kontainer, Material, Dan Beberapa Komponen Lainnya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda memahami lebih dalam mengenai spesifikasi dan detail teknis yang berkaitan dengan kontainer. Percayakan kebutuhan sewa container dan modifikasi peti kemas dari penyedia terpercaya seperti Tradecorp Indonesia. Tersedia berbagai pilihan dry container, 20 feet reefer container, flat rack, bulker, hingga modular container. Telusuri informasi seputar ekspor daun ketapang, jenis peti kemas, spesifikasi unit, hingga konstruksi gudang pengiriman di blog kami.