10 Cara Membuat Rumah dari Kontainer, Cek Dulu!

cara membuat rumah dari kontainer

Cara membuat rumah dari kontainer tergolong cukup mudah dan praktis diaplikasikan. Hunian dari kontainer menawarkan keuntungan penggunaan  yang nyaman, aman, cepat, dan lebih terjangkau. 

Rumah yang terbuat dari kontainer menjadi semakin populer. Cara membuat rumah dari kontainer tidak sesulit kelihatannya. Membangun rumah kontainer hanya membutuhkan beberapa langkah dan mengikuti petunjuk dengan benar. Terlebih bila Anda mempercayakannya pada penyedia jasa terbaik, hunian kontainer dapat terwujud dengan sempurna. 

Tentukan ukuran dan desain rumah Anda juga akan mempengaruhi jumlah kontainer yang Anda perlukan. Perencanaan yang baik akan membantu Anda membuat rumah dari kontainer lebih terstruktur dan menghemat biaya. 

Rumah dari kontainer adalah hunian yang memanfaatkan peti kemas yang dimodifikasi khusus dengan fitur lengkap seperti rumah. Struktur bangunan ini cukup kokoh dan kuat, sehingga tergolong aman digunakan. Rumah dari kontainer biasanya sudah dilengkapi dengan pintu, jendela, instalasi listrik, plumbing, dan lain sebagainya. 

Jenis rumah kontainer banyak digunakan sebagai villa atau untuk memenuhi kebutuhan tempat istirahat di daerah terpencil, lokasi proyek, area rawan bencana, hingga konsep perumahan modular.

Cara Membuat Rumah dari Kontainer

cara membuat rumah dari kontainer

Simak beberapa cara membuat rumah dari kontainer yang dapat Anda pahami, yaitu:  

1. Siapkan Lahan Rumah

Pastikan lokasi atau lahan Anda aman sebelum memulai konstruksi. Bila lahan sudah tersedia, maka Anda dapat merencanakan pondasi rumah dengan aman. Pilih lokasi tanah yang datar, bebas hambatan, dan tidak rawan banjir. 

2. Perencanaan dan Perizinan

Perizinan dan perencanaan yang sudah matang akan mendukung pembangunan rumah kontainer dengan lancar. Jenis rumah dari struktur peti kemas biasanya tidak memerlukan IMB atau Izin Mendirikan Bangunan, karena tergolong sebagai konstruksi sementara. Namun, tetap pastikan izin perencanaan dari otoritas setempat sebelum memesan kontainer. 

cara membuat rumah dari kontainer dengan melakukan perencanaan struktur serta arsitek yang ingin Anda terapkan. Wujudkan rumah kontainer yang sesuai dengan keinginan Anda dengan perencanaan desain, sekat ruang, instalasi fitur, dan lain sebagainya.

3. Mengerjakan Pondasi

Anda dapat mulai membangun pondasi rumah Anda setelah permukaan tanah rata. Cara membuat rumah kontainer cukup sederhana dan tidak membutuhkan pondasi yang rumit. Cukup dengan pondasi beton yang datar, kontainer dapat diletakan diatasnya. 

4. Membeli Container

Cara membuat rumah dari kontainer selanjutnya yaitu dengan membeli unit peti kemas yang tepat. Tentukan ukuran kontainer 20 feet atau 40 feet yang sesuai dengan kebutuhan. Jenis kontainer yang dapat Anda gunakan seperti dry container, open side container, double door container, dan lain sebagainya. 

Ukuran kontainer 40 feet menjadi dimensi yang seringkali digunakan sebagai rumah. Unit tersebut menyediakan ruang yang cukup luas untuk menghadirkan ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan tempat tidur. 

Memilih perusahaan container terpercaya dengan pengalaman bertahun-tahun seperti Tradecorp, merupakan kunci keberhasilan cara membuat rumah dari kontainer. Pertimbangkan faktor pengiriman, reputasi penjual, kondisi kontainer pengiriman sebelum memutuskan untuk membelinya.

Beberapa penyedia jasa jual, beli, sewa, dan modifikasi kontainer seperti Tradecorp menawarkan unit rumah kontainer yang sudah dimodifikasi khusus menjadi hunian. Bangunan tersebut siap pakai dan digunakan untuk berbagai keperluan. 

5. Posisikan Container

Setelah pondasi selesai dan unit kontainer telah dibeli, Anda dapat memposisikan letak container. Penggunaan lebih dari satu unit kontainer dapat disusun atau ditumpuk untuk menghasilkan ruangan yang lebih luas dan efisien. 

6. Memotong Unit Container dan Memasang Jendela/Pintu

Cara membuat rumah dari kontainer selanjutnya yaitu membuat bukaan jendela dan pintu pada dinding kontainer. Pastikan Anda telah merencanakan dan mengukurnya dengan teliti. Mulailah membuat lubang untuk pintu, jendela, jendela atap, dan perlengkapan lainnya. 

Sesuaikan model jendela atau pintu dengan desain rumah. Jangan tinggalkan celah dan tutup setiap bukaan agar elemen luar tidak masuk ke dalam rumah.

7. Bangun Atapnya

Guna mendukung perlindungan rumah dan tampilan hunian yang lengkap, bangun atap kontainer menggunakan metal atau material konvensional lainnya. Pakai atap yang memiliki ketahanan cuaca baik agar dapat digunakan untuk jangka panjang. 

8. Pasang Pipa dan Sistem Listrik

Agar rumah kontainer dapat difungsikan dengan lebih optimal, lengkapi hunian dengan saluran listrik dan pemasangan pipa saluran air. Tambahkan sistem HVAC atau unit AC luar ruangan ketika mengaplikasikan sistem listrik. 

 

9. Kontrol Suhu dan Isolasi

Isolasi diperlukan untuk membantu mengatur suhu di dalam rumah kontainer pengiriman. Sandwich panel merupakan insulasi yang dapat digunakan untuk meminimalkan udara panas dan suara bising masuk ke dalam unit. Bagian luar kontainer pengiriman dapat dilapisi dengan lapisan kayu, plastik, atau dekorasi lainnya. 

10. Lengkapi Interiornya

Cara membuat rumah dari kontainer tak lengkap bila tidak mengatur interior sesuai dengan preferensi pengguna. Interior rumah kontainer melibatkan penambahan insulasi, pengecatan, dan pemasangan perlengkapan. Tahap finishing juga meliputi pemipaan, pemasangan kabel listrik, serta pemasangan pintu dan jendela.

Ingin mewujudkan cara membuat rumah dari kontainer? Percayakan kebutuhan rumah kontainer berkualitas, unik, aman dan nyaman dari Tradecorp. Tersedia berbagai pilihan rumah kontainer dan konstruksi modular yang dapat difungsikan sebagai rumah, kantor proyek, gudang portable, kantin, mess karyawan, hall, dan lain sebagainya.

FAQ

Harga rumah kontainer tergolong lebih terjangkau daripada membangun rumah tradisional. Bahan yang digunakan lebih sedikit dan waktu pembangunan tergolong cepat. Namun, kisaran biaya pastinya cukup bervariasi berdasarkan ukuran, jumlah unit yang digunakan, kondisi kontainer baru atau bekas, serta modifikasi tambahan. 

Container 40 feet memiliki ukuran panjang 12 meter, dengan lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,9 meter untuk tipe high cube. 

Ya, rumah dari container sangat aman digunakan karena terbuat dari struktur yang kokoh dan kuat. Selain itu, bangunan tersebut tergolong tahan angin, air, dan cuaca.