Rumah Konstruksi Baja: Intip Desain Dan Kelebihan Bangunan!

Rumah konstruksi baja menjadi pilihan ideal yang banyak diterapkan masa kini. Pada umumnya, jenis material ini banyak dimanfaatkan dalam pembangunan gedung bertingkat, pabrik besar, dan konstruksi jembatan.

Penggunaan material ini tidak terlepas dari keunggulannya yaitu baja tergolong kuat dan tahan. Selain itu, bobot yang cukup ringan serta instalasi yang mudah menjadikan rumah konstruksi baja banyak digunakan. 

Bentuk rumah konstruksi baja multifungsi serta efisien dibangun yaitu modular container. Unit ini dibangun dengan sistem prefabrikasi dimana komponen modul dirakit di pabrik dan dibawa ke lokasi tujuan. 

Penggunaan rumah konstruksi baja dapat difungsikan sebagai barak pekerja, kantor proyek, gudang portable, kos-kosan, dan lain sebagainya. Dapatkan informasi seputar produk kontainer dan penawaran menarik dari perusahaan peti kemas terpercaya yaitu Tradecorp Indonesia.

Pengertian Rumah Konstruksi Baja

Rumah konstruksi baja adalah jenis bangunan sebagai tempat tinggal yang menerapkan konsep pembangunan menggunakan baja sebagai struktur pondasinya. Konstruksi baja banyak digunakan dalam konstruksi bangunan bertingkat karena kuat, kokoh, dan aman digunakan. Pembangunan rumah konstruksi baja dapat berjalan dengan cepat karena material tersebut mudah dirangkai. 

5 Desain Rumah Konstruksi Baja

Desain Rumah Konstruksi Baja Sumber : freepik.com

Penggunaan baja dalam konstruksi bangunan tidak hanya menawarkan berbagai desain yang unik dan estetis, tetapi juga potensi penghematan biaya. Kekhawatiran anggaran yang meningkat seringkali menjadi perhatian pemilik rumah selama proses konstruksi. Dengan konstruksi baja, Anda dapat meminimalkan biaya sekaligus mengoptimalkan desain rumah.

1. Desain Elegan dan Minimalis

Tampilan minimalis adalah gaya arsitektur yang menarik dan tak lekang oleh waktu yang menawarkan keserbagunaan, sehingga cocok untuk berbagai jenis furniture dan dekorasi rumah lainnya. Ini memastikan bahwa penghuni tidak mudah bosan dengan tempat tinggal mereka.

2. Bangunan Ala Industrial

Estetika rumah konstruksi baja bisa benar-benar menginspirasi, memancarkan pesona yang belum selesai. Dengan menampilkan elemen-elemen seperti beton, batu bata atau besi, struktur bangunan dapat lebih ditonjolkan, meninggalkan kesan abadi bagi penghuni atau tamu. Selain itu, memasukkan kayu ke dalam desain menambah suasana hangat.

3. Desain Minimalis Modern Dua Lantai 

Memilih rumah dua lantai menawarkan kesempatan untuk memperluas ruang hidup seseorang, dan bila dipadukan dengan desain minimalis modern menggunakan baja, menciptakan suasana yang menarik. 

Pilihan ini tidak hanya meningkatkan tampilan luar properti Anda, tetapi juga memungkinkan ruang interior tambahan untuk membuat berbagai ruangan.

4. Desain Asimetris

Pertimbangkan desain asimetris yang menonjolkan atap bangunan untuk menghasilkan tampilan modern. Meskipun desain ini mungkin membutuhkan bahan tambahan, namun menambah pesona unik pada rumah. Terlepas dari potensi kenaikan biaya, konfigurasi asimetris meningkatkan daya tarik estetika rumah secara keseluruhan.

5. Desain Ala Eropa

Meskipun desain industri tidak umum digunakan di Indonesia, menjelajahi gaya industri Eropa dapat memberi Anda banyak ide menarik. Meskipun struktur bangunan dengan gaya ini sering menampilkan asimetri, konsep dasarnya tetap sama.

4 Kelebihan Rumah Konstruksi Baja

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh rumah konstruksi baja, seperti:

1. Bangunan Lebih Ringan dari Konstruksi Kayu

Fakta lucu dari kedua tipe struktur bangunan ini yaitu bila baja dan kayu dipotong dalam ukuran yang sama, maka kayu memiliki beban lebih ringan dari pada baja. Namun, jika sudah menjadi sebuah konstruksi bangunan, maka material baja lebih ringan dari pada bangunan kayu. 

Rumah konstruksi baja yang ringan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mendesain hunian. Hal ini juga berdampak pada penggunaan tenaga kerja, sehingga memotong anggaran.

2. Bangunan Lebih Fleksibel Sehingga Tergolong Tahan Gempa 

Rumah konstruksi baja terbilang cukup fleksibel karena material ini memiliki kemampuan “renggang”. Kemampuan tersebut mencerminkan bahwa struktur dapat membengkok bila terlalu berat menampung beban, namun memberikan waktu yang cukup untuk mencegah keruntuhan. Oleh sebab itu, hunian ini tergolong tahan gempa. 

3. Pembangunan Rumah Konstruksi Baja Cepat 

Kebutuhan tempat tinggal dalam waktu cepat dapat menggunakan rumah konstruksi baja. Instalasi bangunan ini dapat dihadirkan dengan cepat karena material baja yang mudah dibentuk. 

4. Rumah Konstruksi Baja Menawarkan Kestabilan dan Kompak

Rumah konstruksi baja dapat menopang struktur bangunan bertingkat dan luas karena beban mata pada konstruksi cukup kecil. Jenis bangunan ini menjawab permasalahan konstruksi rumah diatas tanah yang tidak pasti.

Kualitas rumah konstruksi baja condong stabil karena produk baja memiliki kualitas yang sudah terstandar dan dapat digunakan untuk jangka panjang. 

5. Bahan Ramah Lingkungan

Material baja dapat didaur ulang kembali untuk kebutuhan lainya. Oleh sebab itu, baja memberikan keuntungan yang lebih ramah lingkungan. 

Penuhi kebutuhan modular box dari penyedia terpercaya seperti Tradecorp Indonesia. Ada berbagai ukuran dan pilihan model bangunan prefabrikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

FAQ

Apa Perbedaan Beton Dan Baja?

Komponen utama beton antara lain air, semen, agregat halus, agregat kasar dan berbagai bahan tambahan seperti silica fume. Di sisi lain, baja adalah paduan logam yang terdiri dari banyak elemen, dengan karbon sebagai komponen terpenting.

Berapa Lama Daya Tahan Baja Ringan Atap Rumah?

Rumah konstruksi baja dapat digunakan untuk jangka panjang dengan rutin melakukan pemeliharaan. 

Baja Ringan Apakah Aman Dari Petir?

Menurut beberapa sumber, meskipun baja merupakan konduktor listrik, namun konstruksi atap baja ringan tergolong aman dari petir. 

Isi Form Berikut Dan Dapatkan Penawaran Harga Terbaik

Informasi Produk

Informasi Personal