Demurrage & Detention (D&D) menjadi istilah yang sering kali dipakai dalam industri ekspedisi, logistik, dan ekspor-impor. Ada beberapa faktor yang menjadi pembeda antara keduanya, namun biaya ini sama-sama dapat merugikan pelanggan. Memahami lebih dalam perihal demurrage adalah merupakan pedoman untuk pengusaha dapat menghindari kerugian.
Berdasarkan berbagai kasus yang ada, biaya ini bisa menjadi beban yang sangat berat jika diabaikan, terutama jika Anda baru pertama kali terlibat dalam bisnis jasa pengiriman. Demurrage adalah masalah yang sering muncul saat mengirim barang, baik dalam proses impor maupun ekspor. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk sepenuhnya memahami konsep dan implikasinya agar tidak terjebak oleh biaya ini. Jadi, pastikan Anda memahami hal ini dengan baik.
Pengertian Demurrage Adalah
Demurrage dalam konteks pengiriman merujuk pada biaya yang harus dibayarkan oleh penerima atau pengirim kargo akibat unit kontainer masih berada di pelabuhan melebih batas waktu dan terlambat mengembalikan peti kemas.
Dalam kata lain, demurrage merupakan pembayaran denda yang diberlakukan kepada pemilik kapal oleh penyewa atau pemilik kapal sebagai ganti rugi karena melebihi batas waktu yang telah disepakati untuk proses bongkar muat barang.
Denda demurrage dapat dikenakan kepada importir atau eksportir yang memiliki atau menyewa peti kemas, dan umumnya timbul akibat dari keterlambatan pengambilan peti kemas dari perusahaan pengangkut. Batas waktu penggunaan peti kemas dihitung berdasarkan periode ketika peti kemas berada di pelabuhan, khususnya di Container Yard (CY).
Contoh Pengaplikasian Demurrage
Kontainer tiba di lokasi tujuan dan diturunkan dari kapal pada tanggal 1 April. Penerima barang mengambil kontainer pada tanggal 11 April. Ada keterlambatan pengambilan unit kontainer di pelabuhan, karena melebihi 7 hari dari tanggal pengiriman, kontainer sudah dipindahkan dari pelabuhan.
Terjadi pelanggaran batas waktu yang ditentukan yaitu 4 hari. Sehingga pengirim barang atau penerima barang harus dikenakan demurrage 4 hari sesuai tarif yang ditentukan oleh masing-masing pelabuhan.
Apa itu Detention?
Setelah memahami pengertian demurrage adalah hal yang penting, maka detention juga menjadi aspek yang krusial. Detention adalah anggaran yang dikenakan oleh perusahaan pelayaran pada importir karena muatan kargo peti kemas telah dibongkar (dalam periode waktu bebas), dan unit kontainer yang sudah kosong belum dikembalikan selama jangka waktu yang diberikan.
Detention dikenakan ketika unit kontainer sudah dalam keadaan kosong.Perkiraan jumlah denda detention yang dikenakan cukup bervariasi berdasarkan perusahaan pelayaran, jenis peti kemas, serta berapa lama waktu penundaan.
Perbedaan Demurrage dan Detention
Bila dijelaskan secara singkat, kedua hal tersebut dapat dibedakan dari istilahnya yaitu demurrage terjadi ketika kontainer dalam kondisi masih penuh dengan muatan kargo, tetapi belum diambil oleh perusahaan pelayaran. Sedangkan, detention merupakan denda yang dikenakan ketika peti kemas dalam keadaan kosong belum diserahkan kepada perusahaan pelayaran.
Mengapa Diberlakukan Demurrage dan Detention?
Perusahaan pelayaran menerapkan biaya demurrage dan detention dengan tujuan:
- Memberikan kompensasi kepada kapal laut yang terhambat berlayar karena masih menyimpan barang.
- Meningkatkan efisiensi dalam penggunaan sumber daya dan kapasitas yang mereka miliki.
- Memastikan kelancaran jadwal operasional mereka.
- Mendorong patuh terhadap jadwal pengiriman yang telah ditentukan.
- Mengurangi kemacetan di pelabuhan yang dapat terjadi jika peti kemas dibiarkan terlalu lama.
Oleh karena itu, penting bagi pengirim dan penerima barang untuk memahami persyaratan kontrak dan mematuhi batas waktu yang telah ditetapkan guna menghindari biaya tambahan yang dikenakan.
6 Tips Menghindari Demurrage dan Detention
Ada beberapa tips untuk dapat mengurangi biaya demurrage dan detention dimasa yang akan datang, yaitu:
- Menyusun rencana pengiriman barang dengan realistis dan perhitungan yang tepat.
- Membangun komunikasi yang baik dengan pihak bea cukai, ekspedisi, dan pihak penerima barang.
- Pastikan Anda sudah memprediksi cuaca dan situasi serta kondisi lalu lintas di negara asal maupun tujuan.
- Melengkapi setiap dokumen persyaratan yang dibutuhkan.
- Percayakan pada perusahaan pelayaran yang terpercaya dan handal.
- Memastikan kontainer segera dikembalikan jika bongkar muat sudah selesai.
Penuhi Kebutuhan Kontainer Bersama Tradecorp
Pastikan bisnis Anda terhindar dari biaya demurrage dan detention yang merugikan bisnis. Tradecorp ingin membantu Anda mencapai efisiensi yang tertinggi dengan menggunakan kontainer berkualitas. Kami menawarkan berbagai unit kontainer dengan fitur-fitur istimewa, termasuk easy opening door yang dirancang untuk membuka pintu kontainer lebih cepat menggunakan satu tangan. Jangan tunda lagi, pilihlah Tradecorp sekarang untuk menjaga bisnis Anda tetap produktif dan menghindari biaya tambahan yang tidak perlu!
Tradecorp memiliki beragam jenis kontainer yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tersedia side opening container untuk bongkar muat cepat dari samping, double door container untuk efisiensi waktu, dan duocon container untuk kemudahan akses. Pilih Tradecorp sekarang untuk solusi pengiriman yang lebih efisien dan hemat waktu.
Dapatkan penawaran kontainer bekas dan baru yang sangat menguntungkan hanya di Tradecorp. Percayakan kebutuhan bisnis Anda pada staf profesional kami yang siap memberikan solusi yang tepat. Pilih Tradecorp, karena kami dapat mengirimkan unit peti kemas ke seluruh wilayah di Indonesia. Segera hubungi kami dan raih kesuksesan bisnis Anda dengan penawaran terbaik dari Tradecorp.
FAQ
APA DWELLING TIME?
Dwelling time merupakan masa waktu dari bongkar muat kontainer, pembongkaran barang, hingga unit peti kemas meninggalkan pelabuhan.
APA YANG DIMAKSUD DENGAN FOB?
FOB merupakan singkatan dari Free On Board / Freight On Board yang memiliki arti sejumlah biaya yang dibebankan dalam pengiriman barang.
SIAPA YANG MEMBAYAR DEMURRAGE?
Demurrage dibayarkan baik oleh pihak pengirim maupun penerima kontainer, tergantung pada kesepakatan yang sudah ditulis.