Free shipping adalah taktik yang digunakan dalam bisnis untuk memberikan kenyamanan dalam pengiriman produk kepada pelanggan yaitu tanpa biaya tambahan. Ketika pelanggan melakukan pembelian dari perusahaan, mereka tidak akan dibebani biaya pengiriman tambahan.
Sistem free shipping sering digunakan sebagai daya tarik untuk meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan baru. Apa itu free shipping dalam dunia bisnis terbukti menjadi metode yang efektif untuk mendorong penjualan. Hal ini karena banyak pelanggan lebih cenderung menyelesaikan pembelian jika mereka mendapatkan promo gratis ongkir.
Keuntungan seperti itu meningkatkan daya tarik produk dan memotivasi pelanggan untuk melakukan pembelian. Jika dilihat dari segi marketing, free shipping adalah promosi yang ampuh. Perusahaan dapat menggunakan promosi dalam kampanye periklanan untuk menarik perhatian calon pelanggan.
Kebutuhan shipping dalam jumlah besar dan banyak sekaligus dapat menggunakan alat transportasi container. Container atau peti kemas adalah wadah berukuran besar yang didesain khusus sebagai tempat penyimpanan dan pengiriman barang bervolume besar dari satu tempat ke tempat lain.
Butuh kontainer serbaguna dengan berbagai dimensi 20 feet atau 40 feet kondisi baru dan bekas? Segera hubungi Tradecorp Indonesia sebagai one stop solution untuk kebutuhan peti kemas di berbagai wilayah Indonesia. Dapatkan penawaran harga container Jakarta dan sewa container terbaik dari kami!
Free Shipping Artinya
Pengertian free shipping berangkat dari arti shipping yaitu kata yang berasal dari bahasa Inggris. Ship merupakan kata yang merujuk pada kapal, sedangkan shipping adalah proses pengiriman barang dengan kapal ke wilayah lain menggunakan jalur laut.
Free shipping artinya strategi pemasaran yang diperuntukkan kepada konsumen ketika berbelanja secara online. Sistem free shipping ini menerapkan program biaya pengiriman yang gratis untuk layanan ekspedisi tertentu.
Ada beberapa syarat khusus jika pembeli ingin menikmati promo free shipping. Penjual biasanya menentukan batas minimal belanja atau transaksi. Strategi ini menjelaskan bahwa biaya pengiriman akan sepenuhnya ditanggung oleh penjual.
Prinsip Kerja Free Shipping
Free shipping punya cara kerja tersendiri yang harus Anda pahami sebagai penjual. Berikut beberapa ketentuan yang dapat diterapkan dalam mengaplikasikan free shipping.
1. Tidak Selalu Jadi Promosi Utama
Free shipping sering diasumsikan sebagai promosi menarik bagi konsumen. Strategi ini jarang dijadikan sebagai promosi yang utama dalam bisnis, melainkan hanya sebagai bonus tambahan untuk mendukung penjualan. Bisnis biasanya memiliki strategi pemasaran lain seperti diskon sebagai promosi utama mereka.
2. Tidak Berlaku untuk Semua Produk
Tidak semua produk yang ditawarkan oleh bisnis memenuhi syarat untuk pengiriman gratis. Dalam banyak kasus, perusahaan memilih produk atau kategori tertentu yang menawarkan free shipping dengan masuk akal. Barang yang lebih kecil atau lebih ringan dengan margin keuntungan lebih tinggi biasanya yang akan memenuhi syarat promo free shipping.
3. Ada Batas Minimal Pembelian
Free shipping artinya promo gratis ongkos kirim dimana ada persyaratan khusus untuk menggunakannya, seperti pembelian minimum. Ambang batas ini mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak barang atau membelanjakan jumlah tertentu, sehingga membantu mengimbangi biaya pengiriman.
Pelanggan lebih cenderung menambahkan produk tambahan ke keranjang mereka untuk mencapai jumlah minimum, sehingga meningkatkan penjualan rata-rata dan menguntungkan pelanggan dan bisnis.
Tujuan Free Shipping Adalah
Menjamurnya toko online mendukung perkembangan strategi pemasaran untuk menarik konsumen melakukan transaksi. Pahami fungsi free shipping sebagai teknik promosi untuk mengembangkan bisnis, yaitu:
1. Menaikkan Penjualan
Free shipping adalah strategi yang memiliki tujuan utama yaitu menaikkan angka penjualan. Konsumen cenderung melakukan transaksi ketika ada penawaran bebas biaya kirim.
Syarat khusus seperti minum transaksi juga menjadi pendukung untuk meningkatkan penjualan. Konsumen menambahkan keranjang belanja dengan beberapa barang untuk dapat memanfaatkan promo gratis ongkir.
2. Meningkatkan Loyalitas Pembeli
Free shipping artinya dapat meningkatkan peluang konsumen melakukan pembelian kembali di toko Anda. Konsumen akan merasa puas dan senang dengan promosi gratis ongkir yang secara tidak langsung dapat membangun loyalitas pembeli.
3. Mempercepat Proses Pembelian
Apa itu free shipping seringkali diatur dalam jangka waktu tertentu. Promosi tersebut dapat digunakan selama periode tertentu. Tenggat waktu tersebut mendorong calon konsumen untuk segera melakukan transaksi dan menikmati promosi.
4. Mengembangkan Potensi Pembeli
Sistem free shipping dapat mengembangkan cakupan pasar atau wilayah marketing. Sehingga penjualan dapat menyebar ke berbagai wilayah lain, sehingga barang cepat terjual.
FAQ
APA PERBEDAAN SHIPPING DAN DELIVERY?
Shipping adalah proses mengirim barang dari satu lokasi ke lokasi lain. Delivery merupakan kondisi barang yang tiba di tangan konsumen.
APA FUNGSI DARI SHIPPING LINE?
Shipping line berfungsi membantu pengaturan rute, dokumen pengiriman, serta mengirimkan barang sesuai dengan kesepakatan.
KENAPA E-COMMERCE BISA GRATIS ONGKOS KIRIM?
E-commerce menerapkan program pengiriman gratis dengan menggunakan prinsip subsidi silang. Adanya hubungan yang baik dengan layanan pengiriman dapat mendukung program free shipping tersedia.