Konstruksi Modular: Pengertian, Keuntungan Serta 3 Jenis Bangunan

Konstruksi modular adalah sebuah konsep dimana terdapat satu atau beberapa bentuk modul dasar bangunan yang bisa dipasang dan disusun satu sama lain. 

Selain itu konstruksi rumah baja modular memungkinkan bentuk dan ukuran bangunan sesuai keinginan pemiliknya. 

Biasanya bangunan modular merupakan bangunan prefabrikasi. Maksud nya adalah prosedur di mana sebuah bangunan dibuat terlebih dahulu di sebuah pabrik atau workshop. 

Umumnya pabrik akan menerapkan bahan dan standar yang sama dalam membangun struktur bangunan tersebut dalam jangka waktu yang lebih singkat. 

Setelah unit dikerjakan, bangunan akan dipindahkan ke lokasi konstruksi dan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan ruang. 

Perkembangan teknologi dan tekanan ekonomi nyatanya sudah mengubah bagaimana sebuah bangunan didirikan. Bahan atau material yang digunakan dalam konstruksi modular cukup beragam. 

Salah satu yang umum digunakan yaitu rangka baja ringan dan dinding sandwich panel. Kualitas material ini tidak kalah dengan bangunan konvensional yaitu tetap kokoh dan kuat. 

Saat membangun sebuah proyek, konstruksi modular adalah sebuah strategi yang berkelanjutan, efisien, ekonomis dan inovatif untuk dipertimbangkan penggunaanya.

Konstruksi bangunan yang efektif dapat membantu pengguna untuk mencapai kesuksesan. 

Penggunaan unit modular menjadi salah satu solusi tepat untuk memenuhi kebutuhan ruang, sekaligus memberikan keuntungan yang signifikan bagi pemakaiannya.

Keunggulan Konstruksi Modular

konstruksi modular, modular adalah

Bangunan modular memiliki beberapa kelebihan, salah satu nya, dapat dibongkar dan diangkut ke suatu tempat untuk digunakan kembali.

Di samping itu, unit ini dapat dengan mudah dimodifikasi serta efisiensi dalam industri konstruksi. 

Berikut beberapa keunggulan yang dapat Anda rasakan jika memilih konstruksi modular.

1. Pengurangan Waktu Konstruksi

Konstruksi modular adalah proyek yang dapat selesai lebih cepat daripada metode konstruksi tradisional. 

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa pembangunan atau perakitan unit modular dipabrik dapat dilakukan bersamaan dengan pekerjaan konstruksi dan pondasi di lokasi.

2. Tidak Akan Mengalami Penundaan Cuaca

Pekerjaan konstruksi dilakukan di lingkungan tertutup atau pabrik, hal ini memberikan keuntungan untuk mengurangi dampak cuaca. 

Berbeda dengan konstruksi tradisional yang kerap kali pengerjaan harus terhenti bila hujan atau cuaca tidak mendukung. 

Akibatnya, dampak cuaca akan membuat pengerjaan proyek semakin lama.

3. Konstruksi Berkualitas Tinggi

Penerapan standar kualitas dan keselamatan menjadi keunggulan konstruksi modular. 

Material yang digunakan memenuhi standar pembangunan sehingga aman digunakan. 

Bahan bangunan dilindungi dari elemen di semua tahap konstruksi, yang merupakan sumber utama kerusakan pada proyek diluar ruangan.

Modular adalah bangunan yang dibangun dengan standar, kode, dan bahan yang sama baik nya dengan struktur konvensional.

4. Fleksibilitas

Sifat bangunan modular dapat dibongkar dan dipasang kembali, sehingga memudahkan pengguna untuk memindahkan bangunan atau menyimpan unit jika sudah tidak digunakan. 

Penggunaan bangunan pada lokasi proyek akan diuntungkan dengan unit modular, karena umumnya proyek memiliki periode waktu tertentu saja.

5. Mengurangi Pemborosan Material

Bila Anda membangun bangunan tradisional, pastinya banyak bahan yang diperlukan dan kepastian penggunaan bahan hingga habis akan bergantung pada situasi dan kondisi.

Sementara itu, bangunan modular yang dirakit di pabrik memiliki kontrol terhadap penggunaan material sehingga mengurangi pemborosan.

6. Keamanan

Perakitan bangunan modular di dalam pabrik memberikan suasana yang lebih aman dengan mengurangi bahaya yang terlihat di lokasi konstruksi.

Pekerjaan harus sering dilakukan di ketinggian atau dalam situasi yang mungkin dapat meningkatkan kecelakaan.

7. Ketahanan Bangunan Modular

Penggunaan material yang berkualitas mendukung ketahanan masa pakai bangunan modular. 

Bahan rangka baja ringan dan sandwich panel mampu bertahan terhadap air, api, cuaca, dan juga anti karat dan rayap.

8. Harga Yang Relatif Terjangkau 

Elemen kunci dari konstruksi modular adalah keterjangkauannya. Skala ekonomi menghemat waktu dan uang ketika banyak bagian serupa diproduksi sekaligus. 

Karena modul dapat dibangun secara seri, konstruksi modular sangat berguna untuk proyek yang membangun banyak bangunan dengan bentuk dan ukuran yang identik.

Baca Juga : 5 Lokasi Wisata Cocok untuk Hotel Kontainer

3 Jenis Bangunan Modular Kekinian 

Contoh bangunan modular Tradecorp menawarkan beberapa jenis unit sesuai tujuan dan kebutuhan penggunaan ruang. Pilihan lain seperti struktur rangka baja juga sangat unggul dalam menawarkan kecepatan bangunan dan efisiensi.

Berikut beberapa contoh unit yang cukup populer, yaitu: 

1. ModBox  

Bila Anda membutuhkan ruang modular knockdown yang dapat dibongkar pasang dengan cepat, ModBox menjadi solusi terbaik. 

Unit ini memiliki ukuran 6 x 3 x 2,8 meter yang dapat dijadikan sebagai mess karyawan / bedeng proyek, kantor proyek, hingga rumah modular.

Keuntungan menggunakan ModBox yaitu sifat portable yang dapat dialokasikan ke wilayah terpencil dan ketahanannya akan cuaca ekstrem karena struktur steel yang kokoh.

2. ModMulti

Konstruksi modular ini banyak Anda temukan sebagai kantor lokasi, perumahan, ruang kantin, gudang, dll.

Banyak orang yang mungkin lebih familiar dengan K-House atapun T-House, namun jenisnya sama dengan ModMulti

Sifat ModMulti dapat dijadikan bangunan bertingkat (hingga 3 tingkat) yang akan memperluas ruang gerak pengguna. 

3. ModSnap

ModSnap adalah konstruksi modular yang dapat dilipat. Unit prefabrikasi ini memiliki dimensi menyerupai ukuran kontainer 20 feet, dan biasa disebut sebagai folding container. 

Bangunan modular ini cukup unik dan fleksibel dibangun karena dapat dipasang dengan cepat. 

Konstruksi ini dapat digunakan sebagai tempat tinggal di lokasi tambang, pemenuh kebutuhan ruang di lokasi event, pos keamanan, dll.  

Itu dia penjelasan seputar Pengertian Konstruksi Modular, Keuntungan Serta 3 Jenis Bangunan. Konstruksi modular menjadi semakin populer di industri properti. 

Memiliki bentuk yang unik dan mudah di modifikasi, unit ini sangat mudah disesuaikan dengan identitas pengguna atau perusahaan. 

Tradecorp adalah salah satu perusahaan penyedia jasa konstruksi baja, jual, sewa container, beli, dan modifikasi peti kemas terpercaya. 

Pengalaman panjang dalam memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan menjadi kunci Tradecorp dipercaya oleh banyak client. 

Tradecorp siap untuk memenuhi segala kebutuhan bangunan modular Anda. Dengan beragam jenis konstruksi modular yang ditawarkan, seperti rumah rakita tentu akan memudahkan Anda untuk memilih berdasarkan kebutuhan. 

Salah satunya kehadiran drugstore adalah hal yang berkaitan dengan kesehatan dan memiliki fungsi penting memenuhi fasilitas medis di beberapa lokasi terpencil. 

Hubungi tim sales Tradecorp untuk mendapatkan penawaran menarik seputar unit modular. 

Isi Form Berikut Dan Dapatkan Penawaran Harga Terbaik

Informasi Produk

Informasi Personal