Apa itu pad eyes merupakan sebuah struktur yang banyak ditemukan di kapal atau unit kontainer. Pad eye menjadi salah satu bentuk struktur yang berukuran kecil dan umum dipakai dalam industri maritim, minyak dan gas, dan berbagai kegiatan lepas pantai. Fungsi struktur tersebut memberikan kemudahan dalam operasi pengangkatan, sehingga kargo dapat aman berpindah.
Padeye design dapat terlihat pada struktur offshore DNV container yang terletak pada bagian atas dan dekat dengan corner casting. Apa itu pad eyes pada kapal juga difungsikan untuk mengikat kargo ke dek kapal dengan menggunakan tali yang kuat. Ada beberapa padeye design yang masing-masing memiliki tujuan penggunaannya.
Pad eye memiliki tujuan dasar sebagai titik pengikat dimana tali dapat dibelenggu, sehingga barang, kargo, atau kontainer dapat diangkat. Ukuran pad eye disesuaikan dengan fungsinya dan titik sambungan dapat dipakai dengan optimal.
Bentuk Desain dan Ukuran
Apa itu pad eyes hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Semakin berat dan tinggi bebannya, maka padeye design akan berukuran lebih besar. Contohnya, kargo dengan beban hingga 1 ton menggunakan ukuran pad eyes yang lebih kecil daripada pad eye untuk muatan 10 ton.
Tergantung pada tujuannya, bentuk pad eyes dapat berubah. Penopang ini dapat memiliki desain simetris jika ditujukan untuk mengangkat beban vertikal. Selain itu, lubang tali bantalan yang simetris dapat digunakan dengan sudut sling hingga 60 derajat dari dasar horizontal/alas pad eye. Sebaliknya, lubang tali asimetris direkomendasikan jika perkiraan sudut antara tali pengaman dan dasar lubang tali kurang dari 60 derajat.
Desain pad eye memiliki ciri khas yang unik dengan beberapa karakter, seperti:
- Pelat utama: bentuk pelat asimetris dengan lubang.
- Lubang pad eye: lubang yang dilalui tali dan memiliki ukuran yang disesuaikan dengan besarnya tali yang digunakan.
- Pelat pipi: bagian pelat yang berbentuk bulat yang ditaruh di sekitar lubang dengan tujuan untuk memperkuat struktur utama. Area sekitar lubang pad eye memiliki tegangan yang cukup kuat, sehingga cheek plate ditambahkan. Pad eyes dapat memiliki cheek plate atau pelat pipi, maupun tidak memilikinya.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya apa itu pad eyes memiliki dua desain seperti yang terdapat pada gambar.
Tekanan Pada Padeyes Design
Setiap bagian padeyes design memiliki tekanan yang berbeda, meliputi:
-
Lubang Utama Padeyes
Apa itu pad eyes identik dengan lubang utama yang menanggung beban berbeda-beda, seperti:
- Bearing stress: tali berukuran lebih kecil dari lubang mengikat bagian secara langsung.
- Tegangan geser: beban yang berat dapat menyebabkan efek tarik pada bagian plat utama dan cheek late, sehingga menyebabkan deformasi.
- Tegangan tarik: beban menyebabkan tegangan volumetrik lewat badan pad eyes.
- Tegangan kontak: lubang memiliki area permukaan yang melengkung dan bila terjadi kontak antara kedua benda, maka akan muncul tegangan kontak.
-
Pelat Utama
Pelat utama adalah bagian penting yang menerima beban yang dipindahkan ke dasar di mana pelat tersebut dilas ke geladak kapal. Terdapat tiga jenis tekanan yang dialami oleh pelat utama:
- Tegangan tarik: ini terjadi karena gaya yang bekerja tegak lurus pada bagian horizontal pelat dasar.
- Tegangan tekuk: gaya pada pad-eye menyebabkan momen lentur pada pelat utama.
- Tegangan geser: pelat mendapatkan beban secara horizontal dan lateral, sehingga tegangan dihitung dalam dua arah.
- Von-Mises stress: merupakan kombinasi dari tekanan pada pad-eye.
-
Bagian Las Pondasi
Las dasar atau pondasi pengelasan pad eyes digunakan untuk menahan mata bantalan ke dek kapal. Maka beban pada pad eye dapat dialihkan ke pengelasan dasar. Seperti halnya pad-eye pada pelat utama, pondasi pad eye juga dipengaruhi oleh beberapa hal seperti:
- Tegangan tarik: tegangan tarik terjadi pada hasil pengelasan karena gaya vertikal.
- Tegangan geser: pengelasan juga mengalami tegangan geser karena adanya gaya horizontal dan lateral pada beban bantalan pad eyes.
- Tegangan lentur: pengelasan pondasi terkena momen akibat tiga komponen gaya. Momen ini terjadi pada sumbu horizontal dan lateral yang mengakibatkan tegangan lentur.
-
Bagian Cheek Plate
Cheek plate memiliki bentuk melingkar disekitar lubang pad eyes. Beban pada bantalan ini terjadi secara proporsional dengan ketebalan bantalan mata.
Demikianlah informasi seputar apa itu pad eyes yang difungsikan untuk mengangkat beban berat atau kargo berkapasitas besar. Salah satu tahapan konstruksi struktur lepas pantai yang paling krusial adalah pengangkatan, sehingga diperlukan perhitungan dan penelitian tambahan untuk menentukan keamanan struktur tersebut.
Kebutuhan container dengan pad eyes dapat dipenuhi dengan unit 20 feet general purpose offshore container. Tradecorp Indonesia menjadi salah satu penyedia jasa jual, beli, dan sewa container terpercaya dengan unit berkualitas. Konsultasikan kebutuhan Anda sekarang dan dapatkan penawaran harga menarik.
FAQ
APAKAH SEMUA KONTAINER MEMILIKI PAD EYES?
Tidak semua jenis kontainer memiliki pad eyes. Apa itu pad eyes pada kontainer memiliki tujuan yang sama yaitu memudahkan pengangkatan. Padeye design terdapat pada kontainer lepas pantai atau offshore DNV, namun tidak pada kontainer ISO. Kontainer lepas pantai yang disertifikasi menurut DNV2.7-1 harus memiliki eye bolt yang dirancang sesuai dengan standar DNV2.7-1.
BERAPA HARGA OFFSHORE CONTAINER DENGAN PAD EYES?
Harga kontainer dengan pad eyes cukup bervariasi berdasarkan tipe, kebutuhan, ukuran, serta modifikasi yang ditambahkan.
APA SAJA BENTUK PAD EYES?
Apa itu pad eyes memiliki bentuk yang cukup bervariasi, seperti lubang cincin solder, folding pad eyes, eye straps, U pad eyes, sliding pad eyes, round hook pad eye, dll. Setiap bentuk digunakan untuk mengoptimalkan tujuannya masing-masing.