3 Jenis Konstruksi Bangunan yang Wajib Anda Pahami

3 Jenis Konstruksi Bangunan yang Wajib Anda Pahami

Jenis konstruksi bangunan tersedia dalam beberapa pilihan material. Setiap jenis bangunan memiliki karakter dan dipilih sesuai dengan kebutuhan. Infrastruktur kian berkembang dan menampilkan berbagai macam bentuk bangunan di kota besar. 

Konstruksi bangunan seperti rumah, gedung kantor, sekolah, rumah sakit, dan lain sebagainya mengusung konsep yang berbeda-beda. Jika Anda berencana untuk menghadirkan sebuah ruangan, maka memahami jenis konstruksi bangunan jadi langkah yang tepat. 

Konstruksi sendiri merupakan sebuah prosedur pembuatan sebuah struktur bangunan, gedung, jalanan, jembatan, pelayanan sosial, dll. Jenis konstruksi bangunan melibatkan kegiatan perencanaan, pengukuran, pengolahan material, hingga ke tahap perakitan dan pembangunan struktur. 

Aktivitas pembangunan ini dapat mendorong kemajuan infrastruktur dan mendukung kesejahteraan rakyat melalui sarana dan prasarana yang baik. Beberapa konstruksi saat ini memanfaatkan material ramah lingkungan. Konstruksi terbagi menjadi beberapa bagian struktur yang terpisah namun bersatu untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. 

3 Jenis Konstruksi Bangunan

Ada beberapa jenis konstruksi bangunan yang secara umum diaplikasikan berdasarkan tujuannya, yaitu:

1. Konstruksi Bangunan

Jenis konstruksi bangunan yang pertama yaitu gedung. Konstruksi bangunan gedung meliputi kantor, sekolah, toko, pusat perbelanjaan, apartment, rumah sakit, dll. Ada pembagian skala dari segi biaya dan teknologi seperti bawah, menengah, dan atas. Pembangunan gedung direncanakan oleh arsitek dan insinyur sipil dan disesuaikan arsitektural bangunan.

2. Konstruksi Teknik

Konstruksi teknik adalah jenis bangunan yang ditujukan untuk melengkapi keperluan masyarakat dan berhubungan dengan infrastruktur. Jenis konstruksi bangunan ini sudah direncanakan dengan matang, seperti pembuatan jalan dan fasilitas umum. Beberapa pembangunan berat meliput pembuatan bendungan, pemasangan pipa, transportasi udara, dll tergolong dalam konstruksi teknik. 

3. Konstruksi Industri

Sektor industri juga membutuhkan konstruksi untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Jenis konstruksi bangunan di industri meliputi area berat, dasar, pertambangan, nuklir, kilang minyak, pabrik, dll. Ada persyaratan khusus yang harus diterapkan sesuai dengan standarnya.

Jenis Konstruksi Bangunan Prefabrikasi

rakita rumah prefab modular

Jenis konstruksi bangunan prefabrikasi adalah solusi handal dan cepat untuk berbagai kebutuhan bangunan. Teknologi ini mengubah tahapan pembangunan dengan lebih cepat dan efisien. Jenis bangunan ini menjadi pilihan pengusaha memenuhi kebutuhan ruang di lokasi proyek. 

Konstruksi prefabrikasi merupakan metode di mana komponen bangunan, seperti panel dinding, atap, lantai, dan struktur lainnya, diproduksi di pabrik dan kemudian dirakit di lokasi. Sistem ini menawarkan kecepatan dalam pelaksanaan proyek dan kemampuan untuk mendesain bangunan yang sesuai dengan berbagai kebutuhan.

Komponen dibuat dalam kondisi pabrik yang terkontrol dengan ketat, sehingga menghasilkan kualitas yang  seragam. Bangunan prefabrikasi dapat digunakan untuk waktu yang lama dan memerlukan perawatan lebih sedikit dibandingkan dengan bangunan konvensional.

Jenis konstruksi bangunan ini dapat difungsikan sebagai rumah tinggal, kantor, gudang, sekolah, rumah sakit, dan bahkan bangunan komersial yang lebih besar. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dengan desain bangunan, sekaligus menikmati kecepatan dalam konstruksi.

Proses konstruksi prefabrikasi sangat efisien, karena sebagian besar pekerjaan dilakukan di dalam pabrik, cuaca dan kondisi lingkungan tidak mempengaruhi proses pembangunan. Anda dapat menghemat waktu dan uang, sehingga jenis bangunan ini jadi pilihan ekonomis.

Pilihan Konstruksi Prefabrikasi

Penggunaan bangunan prefabrikasi jadi pilihan serbaguna untuk memenuhi kebutuhan bangunan. Tradecorp Indonesia adalah perusahaan penyedia jasa jual, beli, sewa, dan modifikasi kontainer yang menyediakan rumah kontainer. Ada berbagai pilihan konstruksi prefabrikasi yang handal dan sudah digunakan untuk berbagai keperluan seperti rumah, mess karyawan, kantor proyek, asrama, gudang portable, dan lain sebagainya. 

ModBox

ModPack

ModSnap

ModHouse

Rakita

ModSnap

ModMulti

Dapatkan penawaran harga rumah prefab dari Tradecorp serta pengiriman unit ke berbagai seluruh wilayah di Indonesia. Konsultasikan kebutuhan Anda pada sales Tradecorp, dan nikmati pelayanan secara profesional. 

FAQ

Konstruksi gedung biasanya lebih teruju pada skala pebangunan kecil hingga menengah. Sedangkan konstruksi sipil lebih fokus ke arah pengerasan jalan, pembuatan landasan terbang, proyek bendungan, dll. 

Konstruksi tergolong dalam bidang pembangunan yang mencakup ranah sipil dan gedung, dan melibatkan pekerja profesional untuk mendesain dan membangun proyek. 

Konstruksi bangunan memiliki fungsi untuk menghadirkan gedung yang kokoh dan kuat, serta memiliki resisten yang baik terhadap bencana.