Intip 6 Kapal Container Terbesar di Dunia, Keren Banget!

Kapal Container Terbesar di Dunia

Kapal container telah menjadi tulang punggung perdagangan global yang menghubungkan transportasi kargo antar berbagai belahan dunia. Kemampuan teknologi masa kini telah mendukung pembuatan kapal container terbesar di dunia untuk mendukung pengiriman berkapasitas besar. 

Kapal container terbesar di dunia menawarkan efisiensi dalam industri pelayaran internasional. Vessel tersebut membawa muatan container dengan kapasitas ribuan TEU  dan disusun dengan sistematis. Ada beberapa jenis kapal container yang beroperasi seperti Panamax, Post Panamax, atau Neo Panamax. 

Container sendiri merupakan alat transportasi yang didesain khusus untuk mengangkut barang dalam jumlah banyak sekaligus. Kehadiran container mendorong perkembangan industri kapal untuk mengusung vessel yang tepat sebagai moda transportasi peti kemas.

6 Kapal Container Terbesar di Dunia

Berikut beberapa list vessel yang masuk dalam kapal kargo terbesar di dunia, yaitu: 

1. Ever Alot (Ever-A Class)

Kapal container terbesar di dunia yang pertama diduduki oleh Ever Alot (Ever-A Class) yang berbendera Panama. Vessel ini memiliki dimensi panjang mencapai 400 meter dengan lebar kurang lebih 61 meter dan draft 17 meter. Kapasitas angkut Ever Alot (Ever-A Class) mencapai 24.000 TEU. 

Kapal terbesar di dunia ini mempunyai tonase kotor hingga 235.000, melewati batas kelas 400m lainnya. Ever Alot termasuk dalam Kelas “A” dan berlayar dengan tujuan Eropa dan Asia.Kapal ini mengungguli kapal Ever Ace yang sebelumnya memegang rekor kapal terpanjang di dunia. 

2. Kapal Ever Ace

Kapal kargo terbesar di dunia selanjutnya yaitu Ever Ace dengan kapasitas 23.992 TEU. Kapal Ever Alot dan Ever Ace sebenarnya merupakan vessel kontainer yang sama panjangnya. Namun, Ever Ace lebih lebar dan lebih dalam daripada Ever Alot. Ever Ace memiliki lebar 63,1 meter dan kedalaman 16,4 meter.

3. HMM Algeciras

HMM Algeciras merupakan kapal container terbesar di dunia dengan kapasitas 23.964 TEU. Jenis kapal ini tergolong sebagai vessel canggih, ramah lingkungan, dengan panjang 399,9 m dengan kedalaman 33,2 m. Kapal ini didesain dengan lambung khusus dan mesin yang efisien sehingga diharapkan dapat mengurangi emisi karbon.

4. HMM Oslo

Tak ketinggalan HMM Oslo masuk dalam kapal kontainer terbesar yang sudah berlayar sejak tahun 2020. Kapal kargo terbesar ini memiliki panjang 400m dan lebar 61,50m dengan sarat maksimum 16,50m. HMM Oslo memiliki daya tampung hingga 23.792 TEU.

5. MSC Gulsun

Berikutnya kapal kargo terbesar didunia dipegang oleh MSC Gulsun yang memiliki kemampuan untuk mengangkut 24 baris peti kemas secara berdampingan. Panjang kapal ini 399,9m dengan lebar 62m. Kapasitas angkut mencapai 23.756 TEU dan sudah terdaftar di panama. Kapal ini juga dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran serta tergolong sebagai vessel ramah lingkungan. 

6. MSC Mina

Terakhir dan tak kalah besar, kapal container MSC Mina dengan daya angkut 23.656 TEU. Kapal ini berukuran panjang sekitar 400 meter dan lebar 61 meter.

FAQ

Beberapa perusahaan besar dalam industri perkapalan, seperti Maersk Line, MSC (Mediterranean Shipping Company), dan CMA CGM, memiliki beberapa kapal container terbesar di dunia di armadanya.

Ya, kapal container terbesar memiliki dimensi dan kapasitas yang jauh lebih besar daripada kapal-kapal lainnya. Alat transportasi ini dirancang untuk mengoptimalkan efisiensi dalam transportasi barang-barang secara global.

Industri perkapalan terus berkembang dan ada kemungkinan bahwa akan ada kapal- baru dengan ukuran yang lebih besar dan teknologi yang lebih canggih di masa depan untuk meningkatkan efisiensi perdagangan global.