Bangunan Multifungsi: Cek Keuntungan Mixed Use Building

Bangunan multifungsi atau mixed use building merupakan salah satu konsep yang banyak diimplementasikan di daerah perkotaan. Perkembangan teknologi mendorong inovasi dalam sektor properti. Penataan ruang kini hadir dalam berbagai macam bentuk. 

Konsep bangunan ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan kebutuhan ruang di lahan yang sempit dan padatnya pemukiman. Dalam pembangunan mixed use building harus diterapkan  penelusuran terlebih dahulu terhadap suatu kawasan. 

Konstruksi modular masuk dalam jenis bangunan multifungsi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Bangunan modular container tersedia dalam berbagai ukuran dan modifikasi yang memadai. Dapatkan informasi lengkap dan penawaran menarik modular dan kontainer lainnya dari Tradecorp Indonesia. 

Pengertian Bangunan Multifungsi

Bangunan multifungsi atau mixed use building adalah model konstruksi yang ditujukan untuk berbagai macam keperluan yaitu kantor, rumah, hingga tempat usaha. Model bangunan ini mengkombinasikan fungsi menjadi sebuah kesatuan, sehingga pengguna dapat menghemat biaya dan mengoptimalkan penggunaan ruang. 

Mixed use building menerapkan konsep gedung bertingkat untuk memaksimalkan penggunaan ruang di lahan yang sempit. Bangunan dengan berbagai kegunaan, terlepas dari desainnya, merupakan bagian penting dari sebagian besar komunitas. Lingkungan di mana orang dapat tinggal, bekerja, bermain, dan memenuhi kebutuhan belanja dan rekreasi harian mereka di satu tempat telah diciptakan dari proyek mixed use feeling.

Baca Juga: 6 Desain Rumah Kontainer Minimalis, Sederhana, dan Nyaman

Keuntungan Bangunan Multifungsi

Ada beberapa keuntungan menggunakan bangunan multifungsi, yaitu biaya atau harga yang cukup bervariasi berdasarkan beberapa faktor seperti ukuran tanah, luas bangunan, spesifikasi bangunan, dll. Namun, umumnya harga hunian ini tergolong terjangkau dengan berbagai macam fungsi yang ditawarkan. 

Selain itu, dengan mixed use building, Anda dapat menerapkan pola hidup yang sehat dan efisien. Hadirnya bangunan multifungsi memberikan kemudahan dalam akses serta mengurangi penggunaan transportasi. Anda dapat menghemat waktu sekaligus tenaga. 

Ciri-Ciri Bangunan Multifungsi

ciri-ciri bangunan multifungsi, jenis jenis bangunan multifungsi Sumber : freepik.com

Bangunan multifungsi atau mixed use building memiliki kriteria tersendiri yang dapat dikenali, seperti:

  1. Konsep bangunan dapat difungsikan berbeda-beda tujuan.
  2. Setiap fungsi mixed use building saling berkaitan atau berhubungan satu sama lain. 
  3. Rata-rata bangunan multifungsi dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, sehingga mobilitas pengguna keluar kawasan cukup rendah.
  4. Tersedia jalur bagi pejalan kaki yang terorganisir dengan baik.

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis Rumah dengan Tujuan dan Fungsinya

Jenis Jenis Bangunan Multifungsi

Bangunan multifungsi terdiri dari beberapa jenis yang diklasifikasi sesuai dengan ruang dan fungsinya. Terdapat berbagai macam keperluan yang akan menarik pengunjung dan meningkatkan interaksi di kawasan tersebut.

1. Residential-commercial: bangunan yang menggabungkan tempat tinggal dengan tempat berdagang.

2. Institutional-residential: sesuai dengan namanya, kawasan ini mencakup tempat tinggal serta fasilitas institusi seperti sekolah, klinik, dll.

3. Office-residential: gabungan antara ruang kantor bersama dengan hunian.

4. Hotel-residential: bangunan yang dijadikan sebagai fasilitas penginapan atau hotel sekaligus kawasan tempat tinggal.

5. Industrial-residential: gabungan antara bangunan multifungsi industri serta rumah.

Selain jenis bangunan multifungsi diatas, mixed use building dapat digabungkan lebih dari dua fungsi yang meliputi tempat tinggal, fasilitas penginapan, pusat perbelanjaan, dll. 

Contoh Bangunan Multifungsi

Pengembangan kawasan akan terus meluas ke daerah-daerah yang berdekatan. Meningkatnya kemacetan di Jakarta mengarah pada perluasan pinggiran kota seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. 

Neo SOHO Podomoro City

Bangunan multifungsi ini dikembangkan oleh Agung Podomoro Land dengan menghadirkan area tempat tinggal yang mewah dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern. Neo SOHO Podomoro City memiliki fungsi bangunan sebagai gedung kantor di tengah perkotaan. Selain itu, kawasan ini juga dikelilingi dengan pusat perbelanjaan yang lengkap. 

Baca Juga: 5 Jenis Bangunan Komersial Berbentuk Unik Serta Fungsinya

Solusi Bangunan Multifungsi Praktis dan Cepat

 

Pemenuhan kebutuhan rumah kontainer tidak hanya di lokasi ibu kota, tetapi juga di wilayah terpencil, daerah rawan bencana serta lokasi proyek konstruksi. Modular container merupakan bangunan multifungsi yang dibangun dengan cepat dan mudah. 

Bangunan modular dikonstruksi dengan sistem prefabrikasi yaitu komponen material dibuat di pabrik dan kemudian dibawa ke lokasi tujuan jika sudah selesai dirakit. Unit modular ini umum digunakan sebagai barak pekerja,kantor modular di lokasi proyek, klinik modular, dan lain sebagainya. 

Tradecorp Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa sewa, jual, beli, serta modifikasi container yang handal. Tersedia beberapa pilihan produk modular seperti ModHouse atau Expandable Container, ModMulti, ModSnap, ModBox, ModPack, dan Rakita. Berbagai jenis tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan. 

FAQ

Apa Yang Dimaksud Dengan Mixed Use Development?

Mixed use development merupakan pengembangan ruang dalam sebuah kawasan. Ruang tersebut ditujukan untuk berbagai kebutuhan seperti perkantoran, hotel, tempat tinggal, ruang komersial yang berada dalam satu kawasan dan saling mendukung satu sama lain. 

Apa Itu Kawasan Mixed Use?

Kawasan mixed use merupakan sebuah daerah yang mencakup ruang untuk tempat tinggal, aktivitas perkantoran, pusat perbelanjaan, serta beberapa fungsi pendukung lainnya. Daerah ini memang di bangun untuk menghadirkan ruang aktivitas dengan fasilitas yang lengkap. 

Apa Yang Dimaksud Bangunan Campuran?

Sebuah bangunan campuran dapat menampung berbagai kegiatan sekaligus dalam satu kawasan. Desain bangunan mixed use saat ini lebih disukai masyarakat perkotaan yang padat penduduk dengan berbagai macam aktivitas.

Isi Form Berikut Dan Dapatkan Penawaran Harga Terbaik

Informasi Produk

Informasi Personal