Mengenal Rumah Rangka Baja Serta 5 Tips Membangunnya 

military container

Rumah rangka baja adalah struktur bangunan kekinian yang banyak digunakan. Ada sederet keuntungan yang ditawarkan oleh konstruksi baja ringan. Struktur merupakan bagian penting untuk sebuah bangunan dapat berdiri tegak. 

Setiap rumah pasti memiliki struktur yang berbeda-beda. Jaman dahulu, banyak rumah menggunakan batu bata sebagai bahan utama untuk membentuk struktur yang kokoh. Kini, teknologi semakin berkembang, sehingga tersedia berbagai pilihan material rangka rumah yang dapat diandalkan. 

Pengertian Rumah Rangka Baja

Rumah rangka baja ringan adalah sebuah inovasi arsitektur modern yang menggabungkan kekuatan dan kepraktisan material baja ringan dengan desain fungsional. Struktur utama rumah ini terdiri dari rangka baja yang kuat namun memiliki bobot ringan, sehingga mudah diaplikasikan.

Jenis rumah rangka baja ini dapat dengan mudah diadaptasi untuk berbagai bentuk dan ukuran bangunan, memungkinkan fleksibilitas dalam merancang ruang interior. Keunggulan material ini juga terlihat dalam daya tahan terhadap cuaca, seperti hujan, angin, dan panas. 

Selain itu, rumah baja menawarkan proses konstruksi yang lebih cepat dan efisien, karena bahan dapat dipotong dan dirakit dengan presisi tinggi di pabrik sebelum dirakit di lokasi. Konstruksi ini tergolong dalam bangunan rumah tahan gempa karena material rangka baja lebih fleksibel bila terjadi guncangan.

Keuntungan Menggunakan Rumah Baja

Penggunaan rumah baja memiliki sejumlah keuntungan yang signifikan. Pertama, rumah ini jauh lebih ringan daripada konstruksi kayu. Keuntungan kedua adalah stabilitas dan kompaknya konstruksi baja, memberikan ketahanan yang lebih baik terhadap gempa dan kondisi cuaca ekstrem.

Selanjutnya, rumah rangka baja menawarkan proses kecepatan dalam pembangunan. Proses pembangunan yang lebih cepat memberikan manfaat dalam menghemat waktu dan biaya. Material ini memiliki tingkat daktilitas yang tinggi pada konstruksi baja berarti rumah ini mampu menyerap dan meredam gaya-gaya eksternal seperti gempa, menjadikannya lebih aman dan tahan lama.

Penggunaan baja juga sangat baik untuk lingkungan karena memiliki dampak karbon yang lebih rendah. Jenis hunian ini menjadi pilihan yang cerdas, menggabungkan ketahanan, keamanan, efisiensi terhadap lingkungan dalam satu konsep konstruksi yang modern.

Tips Membangun Rumah Rangka Baja

rumah rangka baja

Ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan ketika ingin membangun rumah baja, yaitu:

1. Menggunakan Bahan Berkualitas

Ketika berencana membangun rumah rangka baja, maka Anda harus memilih material berkualitas tinggi. Misalnya struktur baja, paku baja, panel, atap dan dinding harus menggunakan bahan yang tepat. Kualitas material yang tahan karat dan kuat dapat mendukung keamanan tempat tinggal Anda.

2. Desain yang Fleksibel

Rumah rangka baja menawarkan tampilan desain yang fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat mendekorasi rumah dengan penambahan modifikasi interior seperti furniture, atau mengecat eksterior hunian dengan warna tertentu.

3. Percayakan Pada Penyedia Terpercaya

Kebutuhan rumah rangka baja harus dipercayakan pada kontraktor atau penyedia jasa terpercaya. Hal ini untuk menjamin agar Anda mendapatkan unit dengan kualitas terbaik untuk menjaga keselamatan dan keamanan pengguna.

4. Daya Tahan yang Baik

Rumah baja memanfaatkan material baja ringan yang memiliki ketahanan cukup baik. Material baja ringan tahan terhadap rayap, api, dan cuaca, sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu lama.

5. Harga Rumah Rangka Baja Lebih Terjangkau

Kebutuhan rumah rangka baja umumnya memiliki harga yang lebih terjangkau daripada membangun rumah dengan batu bata. Hal ini dikarenakan proses konstruksi baja lebih praktis, sehingga dapat mengurangi biaya tenaga kerja.

Penggunaan Rumah Rangka Baja

Jenis rumah ini memiliki fleksibilitas dan kekuatan yang cukup untuk digunakan dalam berbagai situasi. Berikut adalah beberapa tempat di mana rumah baja dapat digunakan:

1. Perumahan Individu

Rumah baja dapat menjadi pilihan yang baik untuk perumahan individu atau keluarga. Konstruksi baja ringan memungkinkan pembangunan yang cepat dan efisien, sehingga cocok untuk proyek perumahan skala kecil.

2. Hotel

Beberapa tempat penginapan atau hotel memilih menggunakan konstruksi rumah rangka baja, terutama di lokasi terpencil. Desain yang unik membuatnya menjadi opsi menarik untuk proyek perhotelan.

3. Bangunan Komersial

Rumah rangka baja tidak hanya cocok untuk perumahan, tetapi juga dapat digunakan untuk bangunan komersial seperti kios, toko, atau kantor.

4. Fasilitas Pendidikan dan Kesehatan

Sekolah, perguruan tinggi, dan fasilitas kesehatan juga bisa menggunakan rumah rangka baja untuk ruang kelas, asrama, atau fasilitas lainnya. Dalam keadaan darurat dibutuhkan ruangan sebagai tempat beristirahat atau ruang gawat darurat seperti di lokasi bencana.

5. Kantor Proyek

Kebutuhan kantor di lokasi proyek dapat terpenuhi dengan memanfaatkan bangunan rumah rangka baja yang fleksibel. Unit ini dapat dibongkar dengan cepat jika sudah tidak digunakan kembali.

Nah, itu dia informasi seputar rumah rangka baja yang dapat Anda pertimbangkan. Penggunaan hunian ini memberikan keuntungan bagi pengguna baik dari segi kualitas, daya tahan, hingga biaya.

Hadir pilihan rumah kontainer yang mudah dibangun, konstruksi cepat, serta multifungsi. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan rumah dengan jenis unit dan ukuran yang sesuai.