Cafe Container Jadi Bisnis Kekinian, Cek 4 Tips Desain Ekonomis

Cafe Container 2 Lantai dan 1 Lantai Modifikasi

Banyak pengusaha memulai bisnis kecil-kecilan dengan menggunakan cafe container. Agar bisnis dilirik oleh banyak pengunjung atau konsumen, pengusaha biasanya menerapkan konsep container cafe minimalis yang unik. Ada tips bagi Anda yang ingin mendesain unit kontainer jualan agar terlihat lebih menarik dengan modal yang tidak terlalu besar. Cek ulasan dibawah ini seputar tips desain dan keuntungan menggunakan cafe container. 

Tips Desain Cafe Container Kekinian

Menggunakan container cafe menjadi pilihan yang tepat ketika ingin membuka usaha dibidang food and beverages dalam skala kecil. Container cafe minimalis sendiri sudah memiliki bentuk dan desain yang unik. Ada beberapa tips bagi Anda untuk mendesain unit agar memiliki tampilan yang lebih maksimal. 

1. Optimalkan Penggunaan Ruang

Cafe container memiliki ukuran yang compact menyerupai container 20 feet atau container 40 feet. Anda harus membuat perencanaan yang matang perihal luas ruangan yang dibutuhkan. Kebutuhan cafe yang besar dapat menggunakan lebih dari satu unit container. 

Container cafe minimalis menawarkan ruang yang cukup sederhana, sehingga penggunaan furniture harus dioptimalkan dengan fungsinya. Menggunakan barang yang terlalu banyak dapat membuat cafe terasa sempit dan sesak. Usunglah konsep cafe industrial atau minimalis yang terlihat lebih simple namun tetap memiliki desain unik. 

2. Ciptakan Papan Tanda yang Unik

Buatlah papan tanda yang unik pada cafe container Anda sebagai penunjuk yang menampilkan nama cafe atau menu. Pilihlah desain yang simpel dan minimalis dan sesuaikan dengan konsep cafe yang akan Anda bangun. 

Penggunaan signage atau papan tanda menambahkan desain cafe yang enak dipandang. Pastikan kembali papan tanda yang Anda buat cukup terjangkau dan Anda dapat mengorganisis budget untuk keperluan lainnya.

3. Buat Jendela untuk Pesanan Take Away

Pengusaha yang mengusung cafe kontainer biasanya memulai usaha makanan dengan menjual makanan ringan seperti roti, minuman kopi atau latte, atau kue. Pengunjung dapat menikmati nya di kafe ataupun dibawa pulang. 

Guna mempermudah pelayanan take away atau dibawa pulang, fitur jendela kecil dapat memberikan akses yang praktis. Tempatkan salah satu staf Anda di dekat jendela untuk menerima pesanan bawa pulang. Ini akan membantu menghemat ruang yang digunakan dengan lebih efisien.

4. Tambakan Dekorasi Kaca Cermin

Container cafe minimalis memiliki luas ruangan yang compact, oleh sebab itu, penggunaan kaca cermin sebagai dekorasi dapat menambah ilusi yang lebih luas. Kaca cermin dapat Anda taruh pada dinding cafe. Pilihlah kaca dengan ukiran yang unik untuk menambah desain cafe. 

Keuntungan Menggunakan Cafe Container

Ada beberapa manfaat yang ditawarkan oleh jenis bangunan cafe ini, meliputi;

1. Biaya Lebih Terjangkau

Penggunaan cafe container memakan biaya yang lebih terjangkau daripada membangun kedai kopi tradisional. 

2. Bersifat Portable

Container cafe minimalis dapat dipindahkan dengan mudah dari satu tempat ke tempat lainnya, sehingga fleksibel  mengikuti perubahan tren. 

3. Desain Unik

Tampilan cafe kontainer terlihat cukup unik dan menarik minat orang untuk mengunjungi bangunan.

4. Menawarkan Konstruksi yang Cepat

Container cafe minimalis dapat dibangun dalam waktu singkat dan Anda dapat menjalankan bisnis dengan lebih cepat. 

5. Menggunakan Material yang Kuat

Container cafe menggunakan material yang kokoh dan kuat seperti baja corten. Unit ini dapat digunakan untuk jangka panjang dan tahan terhadap angin, air, dan cuaca. 

6. Tidak Membutuhkan IMB

Cafe dengan rangka peti kemas tidak memerlukan IMB atau Izin Mendirikan Bangunan, karena tergolong konstruksi sementara. 

7. Dapat Ditaruh di Lahan yang Sempit

Penggunaan cafe container cukup ideal diletakan di lahan yang sempit karena ukurannya yang compact. Beberapa dimensi kontainer jualan meliputi 10 feet atau 20 feet. 

Solusi Cafe Container Minimalis dari Tradecorp

Tradecorp adalah mitra terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kontainer jualan dan modifikasi container. Apakah Anda membutuhkan pintu tambahan, ventilasi, warna khusus, atau stop kontak? Tradecorp dapat menyesuaikan perubahan dengan kebutuhan pengguna. Wujudkan restoran kontainer, kafe, atau bar impian dengan unit berkualitas dan handal. Segera hubungi kami dan dapatkan penawaran menarik dari kami.

FAQ

Cafe container memiliki kisaran harga yang variatif berdasarkan ukuran dan modifikasi. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan Anda dan konsultasikan pada penyedia jasa terpercaya, seperti Tradecorp. 

Ukuran container cafe 10 feet memiliki panjang 3 meter, dengan lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,6 meter. Sedangkan tipe high cube mempunyai panjang dan lebar yang sama, namun dengan tinggi 2,9 meter. 

Dimensi cafe 20 feet lebih luas dan dapat memuat beberapa pekerja. Unit container cafe minimalis 20 feet memiliki panjang 6 meter, dengan lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,6 meter. Tipe container cafe high cube memiliki tinggi 2,9 meter.